Bocoran Fitur Toyota Raize, Paling Canggih Bisa Ngerem Otomatis

Tim detikcom - detikOto
Senin, 26 Apr 2021 14:13 WIB
Toyota Raize
Toyota Raize. Foto: Toyota Motor Corporation
Jakarta -

Toyota Raize bakal diluncurkan pekan ini. Berdasarkan undangan yang diterima redaksi detikcom, peluncuran Toyota Raize berlangsung pada Jumat (30/4/2021).

Sebelum resmi diluncurkan, bocoran demi bocoran terkait Toyota Raize terus berdatangan. Salah satunya adalah fitur canggih yang tersemat pada Toyota Raize yang akan dijual di Indonesia.

Berdasarkan bocoran informasi yang diterima detikcom, Toyota akan menjual Raize dengan tipe tertinggi 1.0 TSS GR. Raize tipe termahal itu belum diketahui harganya.

Kabarnya mobil tersebut akan dijual dengan sistem spot order. Artinya, Raize 1.0 TSS GR akan dijual jika ada yang memesan.

Informasi yang kami terima, Toyota Raize 1.0 TSS GR ini akan dilengkapi fitur-fitur canggih, Toyota menyebutnya dengan sistem Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya terdapat fitur yang biasanya ada di mobil-mobil mahal, seperti adaptive cruise control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert hingga pre-colission system (mobil akan memberikan peringatan suara dan brake assist/pengereman otomatis jika terdeteksi akan terjadi tabrakan).

Toyota Raize di Jepang memang ada yang memiliki fitur-fitur canggih tersebut. Di Jepang, Toyota Raize memiliki fitur Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist yang memberikan panduan suara dan gambar serta bantuan kemudi saat parkir, Collision Warning Function and Crash Avoidance Braking Function yang mampu mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan, serta Erroneous Start Prevention Function with braking control (maju dan mundur) yang membantu mengurangi kerusakan akibat tabrakan saat pengemudi salah injak pedal gas bukan rem.

Kembaran Toyota Raize, Daihatsu Rocky di Jepang juga memiliki fitur serupa. Daihatsu menyebutnya dengan teknologi A.S.A. (Advanced Safety Assist). Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Teknologi A.S.A. dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake atau rem otomatis pencegah tabrakan dan Lane Departure Warning atau peringatan keluar lajur jalan.

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan. Sedangkan Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah lajur secara tidak disengaja.



Simak Video "It's Time To Rock! Daihatsu Rocky Meluncur di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)