Bocoran Fitur Canggih Daihatsu Rocky, Bisa Ngerem Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 25 Feb 2021 09:30 WIB
Daihatsu Rocky hidup lagi
Daihatsu Rocky. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Menjelang peluncurannya, Daihatsu membocorkan keunggulan dari SUV kecil Daihatsu Rocky. Setelah membocorkan keunggulan mesin turbo yang juga ada pada Daihatsu Rocky, kali ini Daihatsu mengungkapkan fitur canggihnya.

Di dalam Daihatsu Rocky telah tersemat salah satu teknologi keselamatan teranyar Daihatsu, yaitu teknologi A.S.A. (Advanced Safety Assist). Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Daihatsu Jepang sudah memproduksi kendaraan dengan teknologi A.S.A. sejak tahun 2012. Dengan memegang prinsip bahwa kendaraan kecil pun harus secara optimal dilengkapi perangkat keselamatan yang advance, Daihatsu ingin pelanggan selalu memiliki peace of mind ketika berkendara dengan Daihatsu. Beberapa kendaraan Daihatsu yang sudah menggunakan teknologi keselamatan ini adalah Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang paling baru Rocky.

"Dengan adanya teknologi A.S.A. pada mobil Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan merasa tenang saat berkendara. Karena bagi Daihatsu, keamanan dan kenyamanan berkendara adalah prioritas utama." Ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc TurboDaihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc Turbo Foto: Dok. Daihatsu

Teknologi A.S.A. dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake atau rem otomatis pencegah tabrakan dan Lane Departure Warning atau peringatan keluar lajur jalan.

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan. Sedangkan Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah lajur secara tidak disengaja.

Sebagai catatan, fitur keselamatan itu tersemat di beberapa mobil Daihatsu di Jepang, termasuk Daihatsu Rocky. Belum diketahui kepastian apakah Daihatsu Rocky jika diluncurkan di Indonesia nanti bakal memiliki fitur tersebut atau tidak.

Sebelumnya, melalui siaran pers, Daihatsu membocorkan keunggulan mobil dengan mesin turbo. Bocoran keunggulan mobil bermesin turbo yang disiarkan Daihatsu di atas seakan menjadi pertanda kehadiran Daihatsu Rocky semakin dekat ke Indonesia. Apalagi, data NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 1 Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, termuat informasi bahwa Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize bakal mengusung pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc (N/A atau non-turbo). Mesin 1.000 cc turbo ditandai dengan kode A250, sedang mesin 1.200 cc (N/A) pakai kode A251. Sementara kode kedua mobil ini ditandai sebagai RA untuk Raize dan RS untuk Rocky.



Simak Video "Meski Lebih Canggih-Irit, Mesin Daihatsu Rocky Tak Diplot Untuk Ayla"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)