Daihatsu Bocorkan Keunggulan Mesin Turbo, Sinyal Kehadiran Rocky?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 24 Feb 2021 08:57 WIB
Daihatsu Rocky diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019
Daihatsu Rocky. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Melalui siaran pers, Daihatsu membocorkan keunggulan mobil dengan mesin turbo. Mobil bermesin turbo memang seakan menjadi tren di dunia karena kebutuhan mesin kecil yang lebih ramah lingkungan.

Disebutkan, komponen turbo sudah umum disematkan pada beberapa mobil oleh produsen otomotif. Salah satunya seperti Daihatsu di Jepang yang telah menyematkan teknologi turbocharger pada beberapa modelnya.

Beberapa mobil Daihatsu di Jepang memiliki kapasitas cc mesin yang lebih kecil, namun dapat memiliki performa rata-rata hingga 30% dari kemampuan kapasitas mesin aslinya. Itu berkat perangkat turbo. Contohnya seperti mobil Daihatsu Tanto dengan mesin berkapasitas 660 cc, memiliki performa setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

"Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan," ujar Anjar Rosjadi, Head of MPPD (Marketing Product Planning Division) PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Komponen turbocharger mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin. Induksi itu dilakukan untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran.

Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan dengan mesin turbo juga lebih ramah lingkungan.

Daihatsu di Jepang telah meluncurkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, seperti Daihatsu New Tanto, dan Daihatasu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

Bocoran keunggulan mobil bermesin turbo yang disiarkan Daihatsu di atas seakan menjadi pertanda kehadiran Daihatsu Rocky semakin dekat ke Indonesia. Apalagi, data NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah muncul di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 1 Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, termuat informasi bahwa Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize bakal mengusung pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc (N/A atau non-turbo). Mesin 1.000 cc turbo ditandai dengan kode A250, sedang mesin 1.2000 cc (N/A) pakai kode A251. Sementara kode kedua mobil ini ditandai sebagai RA untuk Raize dan RS untuk Rocky.

Masih mengacu pada dokumen itu, Daihatsu Rocky akan ditawarkan dalam 6 varian, yakni 1.0 R A/T, 1.0 R M/T, 1.2 M A/T, 1.2 X A/T, 1.2 M M/T, dan 1.2 X M/T. Lanjut untuk NJKB-nya, mulai Rp 130 juta hingga Rp 168 juta.



Simak Video "Daihatsu Rocky Muncul Lagi, Mejeng di Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)