Toyota Raize Tes Jalan di Tol Jagorawi, Momen Peluncuran Makin Dekat?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 19 Feb 2021 15:54 WIB
Toyota Raize sedang dites jalan
Toyota Raize. Foto: Pasangmata
Jakarta -

Toyota Raize jadi salah satu mobil baru yang santer dikabarkan meluncur di tahun 2021. Data NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor Toyota Raize dan kembarannya, Daihatsu Rocky, bahkan sudah muncul di peraturan pemerintah. Dan baru-baru ini, ada penampakan Toyota Raize yang sedang tes jalan di tol Jagorawi. Apakah momen peluncuran mobil ini semakin dekat?

Video spyshot Toyota Raize tersebut dikirim oleh user Pasangmata. Dari tangkapan layar yang terlihat, mobil ini menggunakan stiker kamuflase di hampir seluruh bagian bodi. Namun bagian peleknya tidak ditutupi dan desainnya terlihat jelas sangat mirip dengan desain pelek Toyota Raize yang dijual di Jepang.

Sebagai informasi, NJKB Toyota Raize juga Daihatsu Rocky sudah muncul Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Toyota Motor Corporation (Toyota) announces that it commenced sales of the new Toyota Raize Foto: Toyota

Dalam dokumen tersebut, termuat kode mobil baru Toyota dan Daihatsu yang mengusung pilihan mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc (N/A). Mesin 1.000 cc turbo ditandai dengan kode A250, sedang mesin 1.2000 cc (N/A) pakai kode A251. Sementara kode kedua mobil ini ditandai sebagai RA untuk Raize dan RS untuk Rocky.

Berdasarkan informasi dalam aturan tersebut, Toyota Raize akan ditawarkan dalam 6 pilihan tipe, yakni 1.0T S CVT, 1.0 X CVTTSS, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T. Sementara untuk NJKB-nya, mulai dari Rp 146 juta, hingga Rp 198 juta.

Selanjutnya untuk Daihatsu Rocky, juga akan ditawarkan dalam 6 varian, yakni 1.0 R A/T, 1.0 R M/T, 1.2 M A/T, 1.2 X A/T, 1.2 M M/T, dan 1.2 X M/T. Lanjut untuk NJKB-nya, mulai Rp 130 juta hingga Rp 168 juta.

Sinyalemen kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia memang sudah sangat kuat sekali. Sebelumnya juga sempat muncul sosok mobil mirip Daihtasu Rocky, yang tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Indonesia. Dalam potongan gambar yang viral di media sosial, sosok mobil mirip Rocky tersebut berkamuflase menggunakan kelir putih.

Untuk diketahui, Raize dan Rocky adalah SUV kompak yang mengisi segmen SUV sub-4 meter. Raize dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture, sedangkan Rocky memakai platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture.

Di Jepang, kedua SUV mungil itu memiliki arsitektur mesin yang identik, yakni 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler, yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.



Simak Video "Daihatsu Rocky Muncul Lagi, Mejeng di Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)