Mobil Listrik China Mirip VW Kodok

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 26 Apr 2021 10:04 WIB
Ora Punk Cat
Ora Punk Cat Foto: Carscoops
Shanghai -

Desain Volkswagen Beetle begitu masyhur di kalangan pencinta otomotif. Tapi Volkswagen belum menunjukkan tanda untuk melahirkan mobil yang akrab dipanggil dengan 'VW kodok' ini ke versi battery electric vehicles (BEV). Pada Shanghai Auto Show pekan ini, pembuat mobil China Great Wall Motors meluncurkan Ora Punk Cat, mobil listrik empat pintu yang memiliki kemiripan mencolok dengan VW Beetle.

Kemiripan terlihat berkat penggunaan lampu depan bundar dan kap melengkung ikonik yang menempati hampir sepertiga dari bagian mobil. Aksen warna chrome juga menempel pada list kaca dan bemper.

Melongok bagian interior dari mobil yang mirip dengan VW kodok ini menggunakan kombinasi kulit warna hitam dan putih. Terpancar nuansa klasik tapi tetap mengusung gaya modern. Seperti dasbornya dilengkapi dengan layar sentuh digital serta aksen chrome yang menempel pada kisi-kisi AC.

Ora Punk CatOra Punk Cat Foto: Carscoops

Hanya saja di Shanghai Auto Show 2021, tempat Ora Punk Cat ini dipamerkan, spesifikasi mesin serta jarak tempuhnya masih dirahasiakan. Tapi Electrec memperkirakan sama dengan EV yang dirilis ORA sebelumnya, seperti ORA Haomao.

Haomao, yang berarti "Kucing Baik", hadir dengan paket baterai lithium iron phosphate 47,8 kWh atau paket baterai litium terner 59,1 kWh yang menghasilkan jangkauan 400 km (250 mil) dan 500 km (310 mil).

Volkswagen telah berhenti memproduksi Beetle pada tahun 2019, tetapi mereka tidak menerima kemiripan tersebut.

Volkswagen telah merilis pernyataan kepada Carscoops yang menunjukkan bahwa mereka mengetahui keberadaan Ora Punk Cat dan sedang mempertimbangkan apakah akan mengambil tindakan hukum atau tidak.

"Kami memeriksa masalah ini sehubungan dengan pelanggaran model utilitas atau hak desain Volkswagen AG dan berhak untuk mengambil langkah hukum yang diperlukan," kata seorang juru bicara.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)