Jadi Mobil Terbaik Dunia, VW ID.4 Kalahkan Yaris

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 21 Apr 2021 19:30 WIB
Volkswagen ID.4 Mobil Terbaik Dunia Tahun 2021
Volkswagen ID.4 Mobil Terbaik Dunia Tahun 2021. Foto: Dok. Volkswagen.
Jakarta -

Mobil listrik Volkswagen ID.4 ditunjuk menjadi Mobil Terbaik Dunia 2021. VW ID.4 ini mengalahkan rivalnya dalam penghargaan bergengsi tersebut, salah satunya Toyota Yaris.

Pemenang penghargaan mobil terbaik tahun ini dipilih dari daftar awal 24 kendaraan dari seluruh dunia. Dari 24 kendaraan tersebut, disaring tiga besar finalis, yaitu Volkswagen ID.4, Toyota Yaris dan Honda e. Volkswagen ID.4 akhirnya mengalahkan Toyota Yaris menjadi mobil terbaik dunia.

Setelah foto-fotonya bocor, Toyota Yaris terbaru akhirnya meluncur. Perubahan Yaris kini meliputi eksterior, kenyamanan, handling sampai fitur keselamatannya.Toyota Yaris yang dijual di beberapa negara. Foto: Dok. Toyota

Perlu diketahui, Toyota Yaris yang diajukan menjadi mobil terbaik dunia ini berbeda dengan yang dijual di Indonesia. Yaris yang masuk nominasi mobil terbaik di dunia ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B yang dijual untuk pasar Eropa, Jepang, dan Australia. Di sisi lain, Toyota Yaris untuk Asia seperti di Indonesia dan Thailand berbeda, karena menggunakan platform yang sama dengan Vios atau Yaris sedan.

Volkswagen ID.4 dipilih sebagai Mobil Terbaik Dunia 2021 oleh 93 jurnalis internasional terkemuka dari 28 negara yang menjadi panel juri World Car Awards.

Volkswagen ID.4 Mobil Terbaik Dunia Tahun 2021Volkswagen ID.4 Mobil Terbaik Dunia Tahun 2021 Foto: Dok. Volkswagen

Kendaraan yang memenuhi syarat untuk penghargaan Mobil Dunia Tahun Ini harus diproduksi dalam volume setidaknya 10.000 unit/tahun. Persyaratan lainnya yaitu mobil tersebut harus memiliki harga di bawah harga mobil mewah di pasar utamanya, dan harus dijual di setidaknya dua besar pasar di dua benua terpisah antara 1 Mei 2020 hingga 1 Mei 2021.

"Kami sangat senang dengan ID.4 kami yang menjadi 'Mobil Terbaik Dunia Tahun Ini'. Bukan hanya karena ini adalah salah satu penghargaan mobil terpenting di dunia, tetapi karena juri juga menghargai ide hebat dan tim yang hebat. ID (mobil listrik) pertama. Model untuk pasar utama Eropa, China, dan Amerika Serikat melakukan serangan (kendaraan) listrik kami ke seluruh dunia. Mobil yang meyakinkan, ide bagus," kata Ralf Brandst├Ątter, CEO Volkswagen Cars.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)