Calon Mobil Terbaik di Dunia 2021: Toyota Yaris sampai VW ID.4

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 10:20 WIB
Yaris di Eropa
Toyota Yaris : Car of The Year Eropa
Jakarta -

World Car of The Year (WCOTY) mengumumkan nominasi merek mobil terbaik di tahun 2021. Dari daftar yang dirilis, paling banyak keluaran pabrikan Jepang.

WCOTY dinilai oleh 94 juri dari pakar hingga jurnalis otomotif di dunia. Mobil yang memenuhi syarat sebagai mobil terbaik di dunia harus diproduksi dalam volume minimal 10.000 unit/tahun. Serta dijual setidaknya dua pasar utama Cina, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, AS.

Ada beberapa nominasi selain mobil terbaik di dunia, yakni World Urban Car, World Car Design of the Year, World Luxury Car, dan World Performance Car. Namun hanya mobil yang masuk kategori World Urban Car dan Car Design of The Year untuk juga bersaing di kategori World Car of the Year.

Tiga nominasi World Car of The Year di antaranya ialah mobil listrik Honda-e, lalu Toyota Yaris, dan Volksawgen ID.4. Perlu diketahui, Yaris yang dijual berbeda dengan yang di Indonesia.

Yaris yang masuk nominasi mobil terbaik di dunia ini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B, yang dijual untuk pasar Eropa, Jepang, dan Australia. Sedangkan model Yaris untuk Asia seperti di Indonesia dan Thailand berbeda, karena platform yang sama dengan Vios atau Yaris sedan.

Lanjut, beberapa model lain juga akan bersaing dalam memperebutkan gelar juara dari masing-masing kategori, setidaknya sudah diproduksi 5.000 unit per tahun dan dijual di pasar besar seperti China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan Amerika Serikat. Berikut daftar lengkapnya:

1. World Urban Car: Honda Jazz (Fit), Honda-e, Toyota Yaris, Hyudndai i10, dan Hyundai i20.

2. World Luxury Car: Land Rover Defender, Mercedes-Benz S-Class, Polestar 2, Aston Martin DBX, BMW X6

3. World Performance Car (syarat volume diturunkan dengan minimal sudah diproduksi 2.000 unit): Audi RS Q8, Porsche 911 Turbo, Toyota GR Yaris, BMW M2 CS, dan BMW X5 M

4. World Car Design of the Year: Honda-e, Land Rover Defender, Mazda MX30, Polestar 2, Porsche 911 Turbo.

Pemenang akan diumumkan pada 20 April mendatang.

Kalau menurut detikers, mana mobil yang pantas menyandang gelar mobil terbaik pada tahun 2021?



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)