Toyota-Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Luncurkan Raize-Rocky Pekan Depan?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 21 Apr 2021 14:50 WIB
Toyota Motor Corporation (Toyota) announces that it commenced sales of the new
Toyota Raize bakal meluncur pekan depan?. (Toyota)
Jakarta -

Toyota dan Daihatsu kembali mengumumkan kolaborasi di Indonesia. Bertajuk 'Toyota & Daihatsu Collaboration - Sinergi Untuk Negeri'. Kolaborasi Toyota-Daihatsu ini akan diumumkan pekan depan, Rabu (28/4/2021).

Belum diketahui apa bentuk kolaborasi Toyota dan Daihatsu tersebut. Apakah keduanya akan meluncurkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bersamaan pada Rabu (28/4/2021) pekan depan?

Memang menurut bocorannya, Toyota Raize akan diluncurkan pada April 2021 ini. Bahkan, mobil ini sudah bisa dipesan oleh konsumen.

"Bulan April (kemungkinan meluncur)," ungkap salah seorang tenaga penjual di booth Toyota, di arena IIMS 2021, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Biasanya, mobil kolaborasi Toyota dan Daihatsu seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios, Ayla-Agya dan Calya-Sigra, diluncurkan berbarengan pada hari yang sama. Tak menutup kemungkinan pula Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur bersamaan.

Daihatsu Rocky hidup lagiDaihatsu Rocky Foto: Rangga Rahadiansyah

Toyota Raize sendiri sudah bisa dipesan dengan booking fee sebesar Rp 10 juta. Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang kabarnya akan diperkenalkan pada bulan April ini dipastikan mendapatkan diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Seperti diketahui, diskon PPnBM tahap pertama (Maret-Mei) untuk mobil 1.500 cc ke bawah mencapai 100%. Sementara tahap kedua (Juni-Agustus) diskonnya 50%.

"Kalau bulan April (Raize) jadi diluncurkan, kemungkinan delivery (distribusi) sekitar Mei atau Juni," sebut salah satu wiraniaga Toyota.

Toyota Raize akan dijual dengan harga terjangkau, mulai di bawah Rp 200 jutaan. "Harga sekitaran 180 (juta rupiah) sampai 200 (juta rupiah). Itu estimasi ya," katanya.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi, mengatakan Toyota Raize sudah didaftarkan pemerintah dan sudah dipastikan dapat diskon PPnBM. Namun, Anton belum mau membocorkan waktu peluncuran Raize.

"Sorry, waktunya (peluncuran) belum bisa disampaikan. Tak perlu khawatir soal Raize. Kita juga enggak akan launching di IIMS. Ditunggu saja tanggal baiknya," ucap Anton.



Simak Video "It's Time To Rock! Daihatsu Rocky Meluncur di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)