Komitmen Toyota Lahirkan Mobil Listrik di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 09 Apr 2021 11:10 WIB
Pabrik Toyota All New Sienta di Jepang di Indonesia memiliki kualitas yang sama.
Ilustrasi pabrik Toyota Foto: M Luthfi Andika
Jakarta -

Era mobil listrik bakal lebih masif di Indonesia terlebih berbagai aturan yang mendukung tumbuhnya mobil listrik di Indonesia terus digencarkan pemerintah. Melihat peluang tersebut, Toyota juga tengah mempersiapkan amunisi untuk bisa memperkenalkan mobil listrik di Indonesia.

"Iya (akan menjual mobil listrik dengan model lainnya di Indonesia)," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Hal senada juga disampaikan Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. Bob seakan mengamini Anton dengan mengatakan Toyota akan memiliki pilihan mobil listrik dan bisa memproduksi mobil listrik di Indonesia.

"Nanti akan kita kembalikan ke konsumen, ini konsumen kita dinamis karena akan dipenuhi oleh kaum milenial. Saya yakin ke depan kita tidak hanya menghasilkan model baru yang khas Indonesia, tapi juga menawarkan teknologi terbaru dan saya yakin kami akan memproduksi mobil listrik," ucap Bob.

Untuk bisa memproduksi mobil listrik di Indonesia, lanjut Bob, Toyota pasti akan melakukan perubahan pada jalur produksi mereka.

Toyota selama ini memang sudah mengekspor beberapa unit andalan seperti Innova dan Fortuner ke berbagai negara. Negara tujuan ekspor kian bertambah.Toyota selama ini memang sudah mengekspor beberapa unit andalan seperti Innova dan Fortuner ke berbagai negara. Negara tujuan ekspor kian bertambah. Foto: TMMIN

"Untuk elektrifikasi ini supply chain sangat penting dan pastinya ada penambahan di pabrik (investasi). Jadi pasti ada model baru berkaitan dengan investasinya, tapi kita lihat nanti teknologi apa yang akan kami perlihatkan. Nanti sepanjang tahun 2021 ini kita gunakan untuk series ultah Toyota, secara bertahap akan kita sampaikan rencana ke depan Toyota," kata Bob.

"Manufacturing itu terobosan dan terus menerus, kita mengadopsi teknologi yang ada saat ini," Bob menambahkan.

Namun, Toyota masih enggan membocorkan model listrik apa yang bakal ikut diperkenalkan di Indonesia.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)