Kena Prank! Volkswagen Ganti Nama Jadi Voltswagen Ternyata Cuma Tipu-tipu

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 14:42 WIB
Logo Volkswagen VW
Volkswagen Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Volkswagen sempat bikin heboh saat dikabarkan bakal berganti nama menjadi 'Voltswagen' untuk pasar Amerika Serikat. Tapi ternyata itu hanya lelucon menyambut April Fools Day atau April Mop.

Dilaporkan USA Today, Volkswagen mengumumkan pernyataan resmi penggantian nama di situs resmi pada 29 Maret, namun kemudian telah dihapus.Dalam pernyataan sebelumnya, Volkswagen lebih dari sekedar berganti nama menjadi 'Voltswagen'. Lebih lanjut mobil listrik bakal menggunakan logo 'Voltswagen', sedangkan mobil standar dengan mesin bahan bakar menggunakan 'VW'.

"Kami mungkin mengganti 'K' dengan 'T', tetapi kami tidak mengubah komitmen merek membuat kendaraan terbaik di kelasnya untuk pengemudi dan semua orang," kata CEO Volkswagen of America Scott Keogh dalam pernyataan resmi itu.

Nama itu diambil berdasarkan kata 'Volt' yang merupakan satuan listrik, karena mereka sedang menjual kendaraan listrik sekarang.

Selain itu, perubahan nama tersebut mempertegas Volkswagen dalam tren global untuk mengakhiri penjualan mobil berbahan bakar fosil. Di sisi lain memberi angin segar Volkswagen dari skandal emisi diesel yang dikenal dengan sebutan dieselgate.

Namun dalam siaran pers terbarunya, perusahaan mengakui bahwa itu hanya April Mop. Sekaligus mengingatkan dimulainya pengiriman ID.4 untuk pelanggan Jerman 26 Maret lalu dari pabrik VW di Dresden dan Wolfsburg.

"Volkswagen of America tidak akan mengubah namanya menjadi Voltswagen," kata perusahaan dikutip dari CNBC, Rabu (31/3/2021).

"Penggantian nama tersebut dirancang untuk menjadi pengumuman dalam semangat April Mop, menyoroti peluncuran SUV all-electric ID.4 dan menandakan komitmen kami untuk menghadirkan mobilitas listrik kepada semua," tambahnya.



Simak Video "Iklannya Berbau Rasis, Volkswagen Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)