Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Cs Ikut Turun Usai PPnBM Diberlakukan

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 04 Mar 2021 17:22 WIB
Diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru mulai berlaku Maret 2021. Di sisi lain, diskon itu memberi dampak bagi penjualan mobil bekas.
Ilustrasi bursa mobil bekas Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen tidak hanya menyasar mobil baru tetapi juga segmen mobil bekas. Pedagang mobil bekas mulai melakukan revisi harga untuk model Low MPV Avanza-Xpander Cs.

Efek negatif yang ditimbulkan adalah akan terjadi penurunan harga untuk penjualan mobil bekas.

"Efeknya turun, revisi harga 2 persen (dari harga mobil bekas sebelum PPnBM)," kata Yopi dari Paskah Mobil saat dihubungi detikcom, Selasa (4/3/2021).

Yopi sendiri sudah mencantumkan daftar harga terbaru terhadap mobil bekasnya yang dijual melalui platform jual-beli. "Harga mobil bekas itu kan mengikuti harga mobil baru," sambung Yopi.

Namun dengan adanya relaksasi aturan ini, akan menambah suplai mobil bekas karena banyak orang yang memilih untuk berganti mobil dengan yang baru. Seperti diketahui PPnBM nol persen hanya berlaku selama tiga bulan, yakni Maret, April, dan Mei.

Chief Operating Officer Mobil88 Halomoan Fischer mengungkapkan pada 3 bulan pertama implementasi kebijakan tersebut, di mana PPnBM mo ≤ 1.500 cc kategori sedan dan 4x2 dibebaskan, maka para pedagang mobil bekas akan mengalami koreksi pendapatan bersih atau profit. Pasalnya, para pedagang mobil bekas juga harus menurunkan harga jual mobil bekas yang sebelumnya dibeli dengan harga normal.

"Di awal-awal penerapan kebijakan PPnBM ini memang ada sedikit ancaman bagi kami pedagang mobil bekas bahwa pada saat nanti mobil baru ada penyesuaian harga, kan kami keburu pegang stok dengan nilai yang lama. Jadi mungkin bisa ada koreksi sedikit harga, ada sedikit koreksi profit," kata Halomoan dalam live d'Rooftalk edisi 'Mobil Murah Harga Corona'.

Senada dengan Yopi, Halomoan berharap naiknya penjualan mobil baru turut mengerek penjualan mobil bekas. Dengan demikian, volume penjualan mobil bekas akan naik meskipun harganya harus turun.

"Mobil bekas itu mengikuti industri mobil barunya. Kalau industri mobil baru bergerak naik, maka mobil bekas naik juga. Jadi kalau kebijakan ini bisa naikkan volume penjualan mobil baru, saya optimistis di mobil bekas juga naik," urai dia.

Berdasarkan penelusuran detikOto, berikut ini daftar harga mobil bekas untuk model Avanza, Xpander, Mobilio, dan Ertiga per Maret 2021.

Untuk Avanza Veloz 1.3 tahun 2017 hingga 2019 berkisar di angka Rp 156 Juta - Rp 190 juta. Sementara Xpander Exceed untuk tahun 2018 hingga 2020 berkisar di angka Rp 198 juta hingga Rp 207 juta.

Model lainnya, Honda Mobilio G AT lansiran tahun 2018 - 2019 mulai dari Rp 145 juta - Rp 198 juta. Lalu Suzuki Ertiga GX lansiran tahun 2018 hingga 2020 dijual mulai dari Rp 178 hingga Rp 189 juta.



Simak Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)