Kepala Suku Indian Minta Jeep Setop Pakai Nama Cherokee, Kenapa?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 03 Mar 2021 21:12 WIB
Jeep Grand Cherokee Trackhawk jadi SUV Tercepat di dunia saat ini.
Jeep Grand Cherokee Foto: Pool (Drivespark)
Jakarta -

Cherokee tak asing lagi jadi salah satu model dari pabrikan mobil Jeep. Tapi baru-baru ini, Kepala Suku Cherokee, Chuchk Hoskin meminta Jeep menghentikan pemakaian nama tersebut..

Untuk diketahui, Jeep sudah menggunakan Cherokee selama lebih dari 45 tahun. Tentu bukan waktu yang sebentar untuk dilalui sebuah model mobil.

Menurut Chuck Hoskin Jr, sebagai suku Indian memiliki pemerintahan yang diakui, menempelkan nama suku di mobil bukan suatu penghormatan.

"Kami yakin niatan mereka memilih nama didasari dari niatan baik. Hanya saja menempel nama kami di badan mobil bukanlah satu hal penghormatan buat kami," ujar Chuck Hoskin Jr seperti dikutip Caranddriver, Rabu (3/3/2021).

"Cara terbaik untuk menghormati kami adalah dengan belajar tentang pemerintah kedaulatan kami, peran kami di negara ini, sejarah, budaya, dan bahasa kami dan memiliki dialog yang bermakna dengan pemerintah federal. suku yang diakui atas kesesuaian budaya," tambahnya.

Di sisi lain penggunaan nama suku Indian dalam sebuah produk jadi masalah yang sensitif. Menurut Chuck Hoskin Jr, suku India hanya dijadikan bahan eksploitasi untuk kepentingan komersial.

"Saya rasa sudah saatnya perusahaan korporasi atau klub-klub olahraga untuk berhenti menggunakan nama, imej dan maskot yang berkaitan dengan suku Indian hanya untuk kepentingan secara umum," terang Chuck Hoskin Jr.

Jeep pertama kali menggunakan nama Cherokee dalam wagoon dua pintu produksi tahun 1974 (satu model bahkan tersedia disebut Chief Cherokee). Sejak itu Jeep terus membangun mobil yang disebut Cherokee, tetapi dari 2002 hingga 2013 mobil itu dikenal sebagai Liberty di pasar Amerika Utara. Lalu, Jeep membawa nama Cherokee kembali ke AS pada tahun 2013.

Suku Cherokee disebut belum diajak berdialog sebelum Jeep membawa pelat nama tersebut kembali ke AS. Memang Grand Cherokee adalah kendaraan Jeep terlaris, dan Cherokee adalah model terlaris ketiga. Kedua mobil tersebut menghasilkan lebih dari 40 persen total penjualan Jeep pada tahun 2020.

"Nama kendaraan kami telah dipilih dan dipelihara dengan hati-hati selama bertahun-tahun untuk menghormati dan merayakan penduduk asli Amerika atas kebangsawanan, kehebatan, dan kebanggaan. Kami, lebih dari sebelumnya, berkomitmen untuk dialog yang saling menghormati dan terbuka dengan Kepala Suku Cherokee Chuck Hoskin, Jr," respons Jeep menanggapi isu tersebut.



Simak Video "Menjajal Jeep Wrangler Rubicon di On Road dan Off Road"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)