Indikasi Positif Diskon PPnBM, Penjualan Mobil Mulai Bergairah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 03 Mar 2021 17:42 WIB
Mitsubishi membelah MPV Xpander untuk menunjukan suasana  interiornya kepada pengunjung GIIAS. Penasaran? Begini penampakannya.
Diskon PPnBM sudah berlaku, penjualan mobil mulai bergairah. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Mulai Maret 2021 ini harga mobil baru semakin murah. Bagaimana tidak, pemerintah memberlakukan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah) untuk mobil anyar. Penjualan mobil pun terlihat mulai bergairah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi. Menurutnya, penjualan mobil di dealer yang meningkat menjadi indikasi positif keberhasilan kebijakan relaksasi PPnBM..

"Contohnya dari Mitsubishi saja, yang biasanya penjualan Xpander sehari paling cuma 4, 5 atau 6 (unit), kemarin meningkat menjadi di atas 20. Saya rasa juga suatu indikasi yang baik lah," kata Nangoi kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

Jika penjualan mobil naik, industri otomotif diharapkan ikut bangkit. Seperti diketahui, industri otomotif terpuruk karena pandemi COVID-19. Penjualan mobil yang meningkat diharapkan bisa memacu produksi kendaraan dan menggerakkan perekonomian.

"Produksi tentunya akan mengikuti permintaan pasar," ujar Nangoi.

"Kalau mobil dibuat di Indonesia, lebih dari 70% adalah local purchase di Indonesia berarti karpetnya dibikin di Indonesia, spionnya dibikin di Indonesia, kursinya dibikin di Indonesia, semuanya itu kan menggerakkan ekonomi," ujarnya.

Menurut Nangoi, kebijakan tersebut tidak hanya akan memberi dampak bagi industri kendaraan bermotor di Indonesia, namun juga untuk seluruh industri-industri pendukungnya, "Kami sangat berharap sesegera mungkin industri kendaraan bermotor di Indonesia bisa pulih kembali, yang dapat ditandai dengan membaiknya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia," jelas Nangoi dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Pulihnya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia akan membantu bangkit kembalinya ekosistem industri kendaraan bermotor di Indonesia yang tahun 2020 terdampak cukup dalam akibat adanya Pandemi. Sebelumnya, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang biasanya mampu membukukan penjualan per bulan pada kisaran 90.000-100.000 unit, turun cukup signifikan hingga hanya melakukan penjualan sebesar 3.700 unit di bulan Mei 2020.

Dengan insentif PPnBM dari Pemerintah sejak 1 Maret 2021, seluruh mata rantai industri kendaraan bermotor berupaya agar pemulihannya bisa lebih dipercepat. Diharapkan penjualan kendaraan bermotor bisa mencapai 70.000-80.000 unit per bulan.



Simak Video "Catat! Skema Diskon PPnBM Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)