Diskon Pajak Mobil Baru Mulai Maret, Banyak Konsumen Tunda Beli Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 16:37 WIB
Angka penjualan mobil di Indonesia turun drastis gegara pandemi COVID-19. Era new normal diharapkan dapat kembali membuat penjualan mobil di Indonesia bergeliat
Banyak konsumen yang menunda pembelian mobil sambil menunggu diskon pajak mobil baru. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah meneken aturan mengenai diskon PPnBM mobil baru hingga 100 persen atau pemberlakuan PPnBM 0 persen. Kebijakan tersebut membuat harga mobil dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc lebih murah.

Adanya kebijakan itu membuat sejumlah konsumen mulai tertarik untuk membeli mobil yang mendapat diskon pajak PPnBM 100 persen. Sejumlah konsumen menunda pembelian, mengingat diskon pajak mulai berlaku pada awal Maret.

Ternyata hal ini berdampak bagi penjualan unit mobil di sejumlah dealer pada bulan Februari. Karena tak sedikit konsumen yang menunda pembelian mobil menjadi bulan depan agar mendapat diskon pajak mobil baru.

Dampak tersebut terjadi pada salah satu dealer Suzuki di Jakarta, saat detikOto menghubungi staf penjualan di sana, dirinya menuturkan jika ada penurunan penjualan unit mobil pada bulan Februari.

"Untuk penjualan memang sudah ada penurunan sejak bulan Januari ini terhadap penjualan unit mobil," ujarnya saat ditanya.

Pernyataan yang sama juga diungkapkan oleh salah satu staf penjualan dealer Mitsubishi. Dirinya menyatakan bahwa ada penurunan penjualan unit mobil di bulan Februari.

"Ada memang penurunan, karena banyak konsumen yang akhirnya menunggu sampai bulan Maret baru mulai membeli mobil," kata staf penjualan Mitsubishi itu.

Kemudian detikOto coba bertanya kepada salah satu dealer Daihatsu di Jakarta, staf penjualan di sana menuturkan terdapat penurunan penjualan di bulan ini, namun masih terdapat juga konsumen yang ingin memesan mobil.

"Penurunan sih ada tapi bukan berarti nggak ada yang beli mobilnya, soalnya beberapa konsumen ada yang sudah mulai booking fee mobil untuk bulan depan," ungkapnya saat dihubungi.

Namun dirinya menjelaskan, penyebab menurunnya penjualan unit mobil di bulan Februari diakibatkan terdapat konsumen yang menunggu kebijakan lebih jelas mengenai diskon PPnBM, sehingga banyak yang menunda pembelian mobil di bulan ini.

"Terkait PPnBM ini juga yang menyebabkan para konsumen akhirnya pending (menunda) untuk membeli mobil hingga bulan Maret nanti, tapi ada juga sebagian konsumen yang menunggu kepastian soal PPnBM ini, biar mereka tahu lebih jelas juga soal isi kebijakan itu," jawabnya.



Simak Video "Mulai Rp 140 Jutaan, Ini Daftar Harga Mobil LMPV Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)