Ragam Keringanan Servis Mobil Terdampak Banjir

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 20:10 WIB
Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran sore ini. Sejumlah motor dan mobil tak luput terendam banjir.
Mobil-mobil terendam banjir. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta -

Curah hujan yang tinggi di beberapa daerah menimbulkan banjir di beberapa wilayah. Tak cuma di Jakarta, banjir juga melanda sejumlah daerah seperti di Semarang, Jawa Tengah.

Tak sedikit mobil-mobil yang terdampak banjir. Jika tidak segera diperbaiki, mobil yang terendam banjir itu bisa rusak semakin parah.

Untuk itu, beberapa agen pemegang merek (APM) memberikan layanan keringanan servis mobil terdampak banjir. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Suzuki

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan bantuan berupa pemeriksaan gratis dan layanan lainnya yang dapat dimanfaatkan konsumen Suzuki yang terdampak banjir di Semarang. Untuk kendaraan roda empat Suzuki, layanan ini berlaku 17 hingga 28 Februari 2021. Selain pemeriksaan kendaraan yang terkena banjir secara gratis, Suzuki juga memberikan diskon biaya pengangkutan kendaraan dari lokasi banjir ke dealer atau bengkel resmi, serta diskon suku cadang kendaraan.

"Kami menggratiskan biaya general check-up untuk mobil. Kami juga mendiskon biaya pengangkutan kendaraan Suzuki dan suku cadang resmi Suzuki. Semoga apa yang kami upayakan ini dapat membantu meringankan beban konsumen dalam melalui masa-masa sulit," terang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.

Program ini berlaku untuk semua tipe kendaraan, baik yang masih dalam masa garansi maupun di luar masa garansi, namun tidak diasuransikan. Untuk mengikuti program ini, konsumen pemilik mobil Suzuki hanya perlu menghubungi atau mendatangi dealer PT Sejahtera Sunindo Trada yang beralamat di Jl. Pemuda No. 65, Pandasari, Semarang Tengah. Di sana, konsumen akan mendapatkan free general check-up untuk mobil yang terkena banjir, diskon biaya pengangkutan kendaraan Suzuki serta diskon suku cadang resmi Suzuki.

2. Hyundai

Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga turut membantu korban banjir. Dengan program "Hyundai Peduli Banjir" Hyundai bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan melalui berbagai layanan tambahan.

"Hyundai Peduli Banjir" mulai berlaku dari 24 Februari 2021 hingga 31 Maret 2021 untuk seluruh pelanggan Hyundai. Program ini mencakup beberapa wilayah seperti Jawa dan Bali, khususnya wilayah Jakarta. Pelanggan yang terkena dampak banjir bisa mendapatkan manfaat berupa hemat biaya jasa dan suku cadang sebesar 20%, serta gratis layanan towing atau derek yang tersedia bagi pelanggan khususnya mereka yang tidak memiliki asuransi kendaraan.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen global Hyundai serta upaya untuk mengedepankan layanan yang fokus kepada pelanggan. Kami ingin memberikan dukungan dengan segala upaya yang dapat kami lakukan. Melalui program ini, besar harapan kami untuk dapat meringankan beban pelanggan khususnya yang terdampak di masa yang sulit ini. Peran yang ingin dijalankan oleh Hyundai lebih dari sebuah perusahaan otomotif, kami juga memiliki peran penting bagi masyarakat, dan sebagai perusahaan yang memiliki visi "Progress for Humanity"," kata SungJong Ha, President Director HMID.

Untuk mendapatkan layanan program "Hyundai Peduli Banjir", pelanggan bisa melakukan reservasi melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 atau menghubungi dealer terdekat di sekitar tempat tinggal. Kemudian tentukan penjadwalan penjemputan untuk jasa towing atau derek, dan tim Hyundai akan segera mengunjungi lokasi yang disepakati. Selanjutnya proses servis, dealer Hyundai akan mengkonfirmasi permintaan pelanggan dan teknisi memulai pengerjaan. Penyelesaian, di mana pelanggan akan menyelesaikan pembayaran dengan penawaran hemat biaya yang berlaku.

Terdapat 18 jaringan dealer HMID di Jawa dan Bali yang mengikuti program ini, seperti: Hyundai Simprug, Hyundai Serpong, Hyundai Ciputat, Hyundai Cibubur, Hyundai Sunter, Hyundai Kalimalang, Hyundai Cilandak, Hyundai Pancoran, Hyundai Sawah Besar, Hyundai Soekarno Hatta, Hyundai Cihampelas, Hyundai Cirebon, Hyundai Solo Baru, Hyundai Adisucipto, Hyundai Wiyung, Hyundai Gubeng, Hyundai Waru, dan Hyundai Gatot Subroto Bali.