DP Kredit 0% Mulai Maret 2021, Ini Kata Dealer

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 20 Feb 2021 15:38 WIB
Guna memperluas jaringan dan meningkatkan bisnis Suzuki di tahun2016, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) meresmikan outlet terbaru Suzuki dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spareparts) terkini yang ke-298 secara nasional, Sumber Baru Mobil (SBM) Ringroad Selatan, Yogyakarta, Jawa Tengah di awal kuartal II tahun ini.
Ilustrasi diler Suzuki di Yogyakarta Foto: Suzuki Indomobil Sales
Jakarta -

Setelah menerima bantuan fiskal lewat relaksasi pajak PPnBM pada beberapa waktu lalu, kini Bank Indonesia (BI) memberikan relaksasi untuk kredit kendaraan bermotor. Nantinya kebijakan tersebut akan diberlakukan pada Maret 2021 dan kredit mobil maupun motor bisa DP nol persen.

Kebijakan ini disambut baik oleh sejumlah masyarakat khususnya yang ingin membeli mobil dan langkah ini sekaligus menjadi bukti nyata pemerintah, untuk bisa mendongkrak kembali penjualan di sektor otomotif.

Meski demikian sejumlah dealer mobil rupanya belum ingin menerapkan kebijakan tersebut. Soalnya kebijakan ini dinilai membutuhkan ketetapan lebih lanjut dari tiap perusahaan mengenai kredit dengan DP nol persen.

Salah satunya pada dealer Honda, saat dihubungi staf penjualan di sana mengatakan belum mengetahui secara detail mengenai kebijakan baru soal DP nol persen.

"Kalau soal itu (kredit DP nol persen) kami belum mendapat informasinya secara resmi. Karena sampai saat ini belum ada info apa-apa dari perusahaan mengenai kebijakan DP nol persen tersebut, dari pihak dealer dan leasing juga belum mengeluarkan kebijakan itu," ujarnya saat dihubungi.

Senada dengan staf pegawai dealer Honda, saat menghubungi salah satu dealer Toyota dibilangan Jakarta, staf penjualan di sana mengatakan pihak dealer belum menerapkan kebijakan kredit DP nol persen. Dirinya menuturkan, informasi mengenai kredit DP nol persen sendiri masih simpang siur dan belum ditetapkan oleh masing-masing pihak dari leasing, dealer hingga Toyota sendiri.

Menjelang pergantian baru, diler mobil perang promo pembelian mobil. Mereka menawarkan berbagai promo menarik untuk menarik pengunjung.Ilustrasi pameran mobil Foto: Rois Jajeli

"Belum ada informasi lebih soal DP nol persen, masih simpang siur belum ada informasi pasti. Kebijakan dari kantor juga belum ada yang menerapkan baik dari para leasing, dealer hingga Toyota sendiri," katanya.

Kemudian saat menghubungi salah satu dealer Suzuki, staf penjualan di sana juga menuturkan hal yang sama mengenai kebijakan DP nol persen. Menurutnya sampai sekarang ini masih belum ada kebijakan lebih lanjut mengenai hal itu.

"Kebijakannya baru aja kan muncul, jadi dari pihak sales sendiri belum berani menyampaikan ke konsumen mengenai kredit DP nol persen itu. Karena kami sendiri takut salah memberikan informasi kepada konsumen dan nggak semua sudah paham mengenai kebijakan ini," kata staf penjualan.

Dirinya mengatakan, kebijakan mengenai DP nol persen ini juga masih dalam tahap pembahasan dan belum merinci lebih jelas. Dia khawatir konsumen akan salah paham mengenai kebijakan dari Bank Indonesia tersebut.

"Jadi DP nol persennya itu kita belum tahu untuk menyongsong yang mana, karena seperti kebijakan PPnBM saja banyak konsumen yang masih keliru soal diskon pajak tersebut. Jadi kita sebagai sales belum bisa memberi tanggapan, karena dari pihak leasing pun belum kasih kabar ke kita," sambungnya.

Namun saat ditanya mengenai kebijakan kredit DP nol persen, tentu sebagai staf penjualan dirinya merasa senang karena akan membawa dampak positif bagi penjualan mobil yang bisa meningkat.

"Kalau saya sih sebagai sales senang-senang aja ya kalo ada kebijakan ini, pastinya konsumen akan datang dan menanyakan soal kredit mobil. Tapi balik lagi seperti yang tadi saya katakan, karena belum ada kabar dari pihak leasing dan perusahaan, kami dari pihak sales belum bisa menanggapi apa-apa tentang DP nol persen itu," tutupnya.



Simak Video "Kisah Hidup WNI di Kanada, Jadi Sopir Truk Bergaji Rp 30 Juta Per Minggu"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)