Honda Brio Masih Laris Banget, Kenapa HPM Luncurkan Versi Urbanite?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 19 Feb 2021 10:54 WIB
Honda Brio RS Urbanite
Honda Brio RS Urbanite. Foto: Dok. HPM
Jakarta -

Dalam setahun ke belakang Honda Brio masih menjadi mobil terlaris di Indonesia mengalahkan mobil sejuta umat Toyota Avanza. Namun kendati Brio masih sangat laris di pasaran, PT Honda Prospect Motor (HPM) di awal tahun ini meluncurkan varian terbarunya, Brio RS Urbanite. Apa alasannya?

Honda Brio sukses menggeser dominasi Avanza di puncak daftar mobil terlaris di Indonesia. Setelah Toyota Avanza jadi raja selama bertahun-tahun lamanya, pada 2020 lalu Honda Brio berhasil menggulingkan low MPV 7 seater itu dari takhta.

Berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2020, mobil terlaris di Indonesia adalah Honda Brio. Kolaborasi Honda Brio RS dan Brio Satya terjual sebanyak 40.879 unit.

Honda Brio RS UrbaniteHonda Brio RS Urbanite Foto: Dok. HPM

Di posisi kedua ada Suzuki Carry, yang terjual sebanyak 38.072 unit. Sementara Toyota Avanza mengisi posisi ketiga, dengan angka penjualan sebanyak sebanyak 35.754 unit.

Di awal tahun ini pun Honda Brio masih menunjukkan performa penjualan yang sip dan menjadi raja penjualan mobil di bulan Januari 2021, dengan angka penjualan 3.840 unit, unggul dari Suzuki Carry (3.814 unit), dan Toyota Rush (3.627 unit).

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, mengatakan alasan HPM meluncurkan Brio RS Urbanite di bulan Februari 2021 ini. Menurut Billy, penting bagi HPM untuk menyegarkan Honda Brio dengan tampilan yang lebih sporty.

Honda Brio RS UrbaniteHonda Brio RS Urbanite Foto: Dok. HPM

"Honda Brio adalah mobil yang sangat populer bagi first time buyer terutama di kalangan anak muda. Jadi selain menginginkan mobil yang praktis, hemat BBM, bertenaga, banyak juga konsumen yang ingin tampil beda sesuai gaya mereka. Oleh sebab itu, kami merancang model ini supaya berbeda, lebih sporty agar bisa menyesuaikan kebutuhan anak muda," kata Billy, dalam konferensi virtual kemarin (18/2/2021).

Menurut Billy, Honda Brio RS Urbanite tidak akan menjadi varian atau edisi terbatas. Mobil ini akan dijual sebanyak-banyaknya menyesuaikan permintaan pasar.

"Kami tidak pernah berbicara limited edition, tapi ini adalah varian dari Brio RS. bukan limited edition, tapi adalah special edition. Target penjualan per bulan sekitar 135-150 unit. Tapi kalau memang demand-nya besar, tidak menutup kemungkinan untuk menambah suplainya," sambung Billy.

Honda Brio RS UrbaniteHonda Brio RS Urbanite Foto: Dok. HPM

Honda mengklaim Brio paling mutakhir ini merupakan yang paling sporty di banding versi-versi sebelumnya. Honda Brio RS Urbanite punya dua pilihan warna, yakni Carnova Yellow dan Phoenix Orange Pearl.

Honda Brio RS Urbanite memiliki set aerodinamis baru berupa under spoiler di depan dan belakang. Ini membuat Honda Brio RS Urbanite terlihat jadi lebih agresif.

"Ini merupakan edisi paling sporty dari seluruh jajaran Honda Brio. Hadir dengan kombinasi warna baru, serta aerokit baru. Honda Brio RS Urbanite ditujukan bagi anak muda yang tampil beda," ucap Product Planning and Sales & Marketing HPM, Takayuki Uotani.



Simak Video " Honda Brio, Si Kecil yang Berdaya Tarik Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)