Singgung Kualitas, Porsche Ogah Bikin Pabrik di China

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 13:50 WIB
Logo mobil Porsche
Ilustrasi Porsche Foto: Niken Purnamasari
Jakarta -

Porsche tidak tertarik membangun pabrik di China, meskipun negara tirai bambu tersebut jadi pasar terbesar bagi merek mobil yang bermarkas di Stuttgart, Baden-W├╝rttemberg, Jerman.

Dicuplik Carscoops, Rabu (17/2/2021) China punya kontribusi besar dalam penjualan Porsche. Tahun lalu, Porsche menjual 272.162 kendaraan dan 88.968 di antaranya dikirim ke China. Lebih banyak dari total penjualan kendaraan di Eropa sebanyak 80.892 kendaraan, dan 57.294 di Amerika Serikat.

Sementara produsen mobil premium lain seperti Audi, Mercedes dan BMW, telah memutuskan untuk memanfaatkan pertumbuhan penjualan di China dengan memproduksi kendaraan secara lokal, kepala eksekutif Porsche Oliver Blume mengatakan dia belum tertarik untuk mengikuti langkah yang sama.

"Ini adalah kualitas dan argumen premium yang masih diproduksi dari Eropa untuk China," katanya kepada Financial Times.

"Hari ini tidak masuk akal [untuk memindahkan produksi]. Dalam 10 tahun (ke depan), saya tidak tahu. Ini sangat bergantung pada bagaimana volume berkembang dan juga peraturan di masing-masing negara," sambung dia.

Blume menambahkan untuk tetap memproduksi kendaraan baru Porsche di Jerman. Meski biaya produksi yang lebih tinggi, namun tetap untuk melindungi citra 'Made in Germany' dari perusahaan (meskipun Cayenne dibuat di Slovakia).

"Kami juga mendapat feedback dari konsumen dan dealer kami di China kalau mereka lebih suka mobil ini dibuat di Jerman," jelasnya.

Ini bukan pertama kalinya Porsche menuangkan air dingin pada gagasannya memproduksi kendaraan di China. Faktanya, Blume mengatakan kepada media China pada awal 2019 bahwa tidak masuk akal bagi perusahaan untuk mulai memproduksi kendaraan secara lokal.

Sementara Porsche berpegang teguh pada pernyataannya, sebuah laporan pekan lalu yang menunjukkan akan membuka pabrik perakitan di Malaysia bertentangan dengan pernyataan Blume. Namun, kebenaran laporan ini masih belum jelas.



Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)