Tak Mau Ketinggalan, VW Bakal Ikutan Bikin Mobil Terbang

Rizki Pratama - detikOto
Kamis, 11 Feb 2021 19:57 WIB
Mobil Terbang Porsche
VW ikut kembangkan mobil terbang. Foto: Porsche
Jakarta -

Selain mobil ramah lingkungan, sejumlah pabrikan besar maupun perusahaan otomotif rintisan tengah berlomba untuk merealisasikan mobil terbang. Toyota dan Hyundai adalah dua raksasa yang tampaknya cukup serius soal mobilitas masa depan ini. Kini Volkswagen tak mau ketinggalan.

Menjadi salah satu pemimpin pasar otomotif dunia, Volkswagen jelas tidak mau terlihat tertinggal dari merek Jepang dan Korea Selatan dalam pengembangan mobil terbang. Produsen mobil asal Jerman itu sudah mulai melakukan studi kelayakan mobil terbang.

"Selain mobil otonom, konsep mobilitas vertikal bisa menjadi langkah berikutnya untuk membawa pendekatan mobilitas kami ke masa depan, terutama di pasar China yang secara teknis dekat dengan kami," kata VW seperti dilansirkan dari Carbuzz.

Untuk itu VW kini sedang mempelajari bagaimana konsep mobilitas udara versi mereka. "Oleh karena itu kami sedang menyelidiki konsep dan mitra potensial dalam studi kelayakan untuk mengidentifikasi kemungkinan untuk melakukan industrialisasi dengan pendekatan ini," sambung VW dalam laporan yang sama.

Mobil terbang masa depan VW mungkin bukan untuk pemilik pribadi. Sebaliknya, itu lebih mungkin menjadi drone yang dapat dilisensikan. Langkah gila yang tiba-tiba untuk memasuki pasar yang disebut "taksi-robo" terjadi setelah laporan Morgan Stanley yang menyatakan pasar taksi komersial ini berpotensi bernilai $ 1,5 triliun pada tahun 2040.

Dua anak perusahaan VW saat ini sebenarnya sudah memulai langkah mobilitas udara ini. Audi telah bergabung dengan Airbus dan Italdesign untuk konsep taksi terbang Pop.Up.Next, sementara itu Porsche bekerja sama dengan Boeing.

VW belum menemukan atau mengumumkan calon mitra, meskipun pembaruan di masa depan tentang masalah ini akan bergantung pada apa yang ditunjukkan oleh studi kelayakan. Akan tetapi Masa depan robo-taksi seharusnya cukup menarik melihat Grup VW memulai proyek yang berpotensi besar. Laporan Morgan Stanley menyatakan pasar taksi komersial ini berpotensi bernilai US$ 1,5 triliun pada tahun 2040.

Sejauh ini VW masih gencar pada peluncuran kendaraan serba listrik, seperti VW ID.4 dan Audi e-tron GT dan RS e-tron GT. Elektrifikasi dan mobil terbang harusnya dapat berjalan seiring karena mobil terbang masih menggunakan penggerak listrik.



Simak Video "Canggih! 2025, Jepang Melegalkan Penggunaan Mobil Terbang untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)