Mobil Balap Terbang Pertama di Dunia

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 06 Feb 2021 12:29 WIB
Mobil balap terbang pertama di dunia
Mobil balap terbang pertama di dunia. Foto: Airspeeder
Jakarta -

Sampai saat ini belum ada mobil terbang yang benar-benar mendapatkan izin dan sudah memenuhi syarat untuk menjadi alat transportasi manusia. Beberapa perusahaan baik yang besar maupun rintisan masih melakukan penelitian dan pengembangan mobil terbang.

Walaupun belum menjadi lazim, sebuah perusahaan malah mencoba melangkah lebih jauh lagi. Sebuah perusahaan mobil listrik di Australia baru saja meluncurkan mobil balap terbang.

"Peluncuran mobil balap terbang listrik berukuran penuh pertama di dunia merupakan momen penting di awal revolusi mobilitas baru," kata Pendiri Airspeeder dan Alauda Aeronautics, Matthew Pearson.

Mobil Balap terbang itu dinamai Airspeeder Mk3 dan ini juga menjadi mobil balap terbang pertama yang ada di dunia. Ini tidak untuk unjuk ilmu pengetahuan saja melainkan akan segera diimplementasikan dalam sebuah kompetisi.

Mk3 akan bersaing dalam seri balap yang dikendalikan dari jarak jauh pada tahun ini. Kompetisi yang dikendalikan dari jarak jauh ini akan menjadi uji coba teknis dengan tujuan untuk persiapan seri balap berawak tahun depan. Versi mobil terbang balap dengan pengemudinya ini akan dikenal sebagai Airspeeder Mk4.

"Balapan mobil terbang listrik pertama di dunia akan berlangsung tahun ini dan akan menjadi olahraga motor paling menarik dan progresif di planet ini," lanjut Pearson.

Mobil terbang Mk3 Mampu terbang dengan kecepatan hingga 120 kpj, Airspeeder Mk3 digambarkan sebagai kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL). Ia dilengkapi dengan powertrain listrik 96-kW (129 tenaga kuda) dan beratnya lebih dari 100 kg.

Pengaturan kendali yang disebut "octocopter X" memungkinkan Mk3 untuk membuat belokan seperti mobil balap F1, tapi tentu saja Mk3 juga bisa bergerak ke atas dan ke bawah. Soal keamanannya, rangkaian Mk3 dari LiDAR dan sistem penghindaran tabrakan radar bekerja sama untuk membentuk medan kekuatan virtual di sekitar mobil terbang. Hal ini memungkinkannya untuk balapan dengan aman di berdekatan dengan mobil terbang lainnya.

Mobil terbang Mk3 telah dirancang untuk melakukan pemberhentian cepat untuk masuk pit. Ini akan memungkinkan penggantian cepat baterai yang habis selama balapan.



Simak Video "Harga Rp 600 Jutaan, Ini Tiga Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)