Inikah Mobil Terkencang di Dunia?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 15:55 WIB
Ferrari SF90 Stradale
Ferrari SF90 Stradale. Foto: Carscoops
Jakarta -

Baru-baru ini sebuah unit Ferrari SF90 Stradale diuji coba kecepatannya dalam lintasan lurus. Mobil ini mencatatkan akselerasi 96 km/jam hanya dalam 2,1 detik. Apakah Ferrari SF90 Stradale menjadi mobil produksi massal terkencang di dunia?

Ferrari SF90 Stradale sudah mulai melakukan proses pendistribusian. Supercar hybrid asal Italia itu diuji coba oleh Brooks dari kanal YouTube DragTimes. Ia sampai terbang ke Puerto Rico untuk menguji SF90 Stradale milik temannya. Bagaimana hasil uji coba tersebut?

Saat diuji di jalan, SF90 Stradale yang bertenaga 986 dk melesat hingga 60 mph (96 km/jam) hanya dalam 2,1 detik. Itu dengan catatan tangki bensinnya terisi penuh.

Bagaimana jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya? Kanal YouTube DragTimes juga melakukan pengujian terhadap raja supercar, yakni McLaren 765LT.

Pada bulan Desember 2020, Brooks menguji 765LT di jalanan umum Miami dan mencatat waktu 0-60 mph terbaik dalam 2,6 detik, yang artinya kalah dari torehan sang kuda jingkrak.

Sebelumnya pada bulan lalu, sang YouTuber juga pernah membawa 765LT miliknya sendiri ke sirkuit khusus drag strip, dan melesat hingga 60 mph hanya dalam 2,1 detik. Mirip seperti catatan waktu Ferrari SF90 Stradale, namun McLaren bisa melakukan itu di lintasan khusus, beda dengan Ferarri yang meraih rekor tersebut di jalanan umum, dengan tangki penuh.

Dan jika SF90 Stradale juga diuji di drag strip dengan tangki yang hampir kosong, kemungkinan besar akselerasinya bisa mengalahkan sang raja, McLaren 765LT.

Sebagai informasi, Ferrari SF90 Stradale dibekali mesin 4,0 iiter V8, twin turbocharged. Mesin itu dibekali 3 motor electric. Soal tenaga, mesin konvensional mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 769 dk, sementara mesin listriknya menghasilkan 217 dk. Artinya, jika kedua tenaga tersebut dikombinasikan, maka mobil ini punya tenaga maksimal 986 dk.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Ibrahimovic Pamer Ferari Terkencang Miliknya, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)