Perkiraan Harga Yaris-Jazz Jika Ada Diskon Pajak PPnBM, Bisa Turun Rp 26 Juta?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 13:18 WIB
PT. Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris Terbaru, Selasa (8/9).
Perkiraan harga Toyota Yaris jika dikenakan diskon pajak mobil baru. Foto: Dok. Toyota Astra-Motor
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan diskon pajak mobil baru. Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil baru diberi diskon hingga 100% mulai Maret 2021 mendatang.

Tak semua mobil mendapatkan diskon pajak. Secara spesifik, mobil yang diberi diskon pajak mobil baru adalah kendaraan 4x2 dan sedan dengan mesin tak lebih dari 1.500 cc produksi dalam negeri dengan komponen lokal mulai dari 70%.

Artinya, mobil di segmen city car dan hatchback masuk kategori tersebut. Adapun hatchback dan city car yang berpotensi mendapat diskon pajak mobil baru antara lain Toyota Yaris, Honda Jazz, hingga Honda Brio RS. Ketiga mobil itu diproduksi di dalam negeri.

Saat ini, Toyota Yaris dijual dengan harga paling murah Rp 266.250.000 untuk tipe G M/T 3 airbag. Sementara versi termahalnya adalah Rp 304.250.000 untuk Toyota Yaris tipe TRD CVT 7 airbag. Harga itu berlaku sebelum diskon pajak dari pemerintah. Jadi berapa kira-kira harga Toyota Yaris jika dikenakan diskon pajak mobil baru?

Diketahui, PPnBM mobil 4x2 bermesin sampai dengan 1.500 cc sebesar 10%. Jika PPnBM 10% itu dihapus selama tiga bulan pertama, maka harga Toyota Yaris tipe terendah bisa mencapai Rp 239 jutaan. Ada potensi Yaris lebih murah hingga Rp 26 jutaan.

Honda Jazz BaruHonda Jazz Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor

Sementara Honda Jazz saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 255 juta untuk tipe Honda Jazz M/T hingga Rp 298,5 juta untuk tipe Honda Jazz RS CVT. Jika dikenakan diskon PPnBM 100% atau bebas PPnBM, maka Honda Jazz paling murah bisa dibanderol Rp 229,5 juta. Ada potensi Honda Jazz lebih murah Rp 25 jutaan.

Sedangkan city car dengan mesin tak lebih dari 1.500 cc yang diproduksi di dalam negeri hanya Honda Brio RS. Untuk Honda Brio Satya yang tergolong LCGC kemungkinan tidak dapat diskon pajak mobil baru. Sebab, yang dikorting pemerintah adalah PPnBM, sementara kelas LCGC sejak diperkenalkan pertama kali pada 2013 hingga saat ini masih diterapkan bebas PPnBM. Artinya, PPnBM LCGC sudah 0% sejak awal tanpa adanya program diskon pajak mobil baru.

Honda BrioHonda Brio RS Foto: dok. Honda

Honda Brio RS saat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 188,5 juta untuk tipe M/T dan Rp 204 juta untuk tipe CVT. Kemungkinan jika ada program diskon pajak mobil baru, harga Honda Brio RS bisa mulai dari Rp 169 jutaan.

Sebagai catatan, hitung-hitungan ini baru sekadar asumsi atau hitungan kasar. Dan patokan harga yang diambil adalah harga dengan status on the road DKI Jakarta. Jika ingin mengetahui lebih pasti penurun harga mobil akibat relaksasi pajak, maka harus menunggu price list resmi dari pabrikan saat diskon pajak mobil baru diberlakukan.



Simak Video "Catat! Skema Diskon PPnBM Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)