Mobil Terbakar, Pilot Cantik Athira Farina Kecelakaan, Kenapa?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 12:21 WIB
athira farina
Athira Farina. Foto: Instagram @athirafarina
Jakarta -

Pilot cantik Athira Farina mengalami kecelakaan. Melalui akun instagramnya, Athira membeberkan insiden yang dialami, yang menyebabkan mobil yang ditumpangi terbakar dan dia kini terbaring di rumah sakit.

Athira memperlihatkan kondisinya setelah kecelakaan. Dalam postingan Instagramnya, Athira Farina memperlihatkan dirinya yang terbaring di ranjang rumah sakit. Lehernya menggunakan penopang.

"Kemarin aku kena musibah, aku mau cerita dikit tentang kejadian yang menimpa aku," tulis Athira Farina yang dia unggah beberapa jam lalu.

Kecelakaan terjadi di Nusa Penida, Bali. Namun, Athira Farina tak begitu tahu kronologinya. Infonya, mobil keluar asap saat melewati turunan dan tidak bisa dikendalikan. Mobil pun akhirnya menabrak pohon.

"Aku kecelakaan di nusa penida waktu lagi liburan, kalau di tanya gimana kronologinya pun aku gatau, karena posisinya aku lagi tidur duduknya di baris kedua yang nyetir temanku, aku kebangun karena ada benturan sangat keras. kejadiannya cepet banget dan aku buru2x keluar mobil, alhamdulillah aku dan teman-temanku keluar mobil dengan selamat sebelum mobil itu terbakar habis," jelasnya.

"Info terakhir yang aku dapat, pada waktu kejadian mobil tiba-tiba keluar asap saat jalan turunan dan ga bisa di kendalikan, lalu mobil menabrak ke pohon," sambung Athira Farina.

[Gambas:Instagram]



Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, ada beberapa penyebab mobil bisa terbakar. Banyaknya faktor yang menjadi pemicu mobil terbakar mengharuskan dilakukan investigasi untuk tahu penyebabnya.

Namun, peristiwa mobil terbakar paling banyak terjadi adalah karena korsleting kelistrikan. Modifikasi kelistrikan tanpa memperhatikan keamanan bisa menjadi pemicu mobil terbakar. Misalnya, mengganti lampu dengan yang lebih terang dan beban kelistrikannya lebih besar, tapi kabel-kabelnya tidak diganti.

"Kalau dengan kabel standar menjadi panas, akhirnya meleleh mungkin saja menjadi korslet," kata Didi kepada detikOto.

Kemungkinan pemicu mobil terbakar bisa dari kain lap yang tertinggal di kap mobil. Menurut Didi, ada kasus mobil terbakar karena lap bekas cuci mobil tertinggal di kap mobil dan memicu api.

"Lapnya ketinggalan di dalam (kap mesin), kena exhaust manifold, kena angin segala macam, panas, terbakar," ujarnya.

Pemicu kebakaran mobil lainnya adalah korek api gas atau aerosol semacam pewangi bertekanan tinggi. Jika itu terjemur matahari bisa meledak dan memicu kebakaran.

Ada pula penyebab kebakaran yang sepele. Yaitu karena banyak kecoa atau semut di kabin mobil.

Simak video 'Respons El Rumi soal Dijodohkan dengan Pilot Wanita':

[Gambas:Video 20detik]