Rayakan Imlek, Mobil China Ini Pecahkan Rekor Bikin Gambar Kerbau Logam

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 15 Feb 2021 12:52 WIB
Mobil China Diparkir Berbentuk Kerbau Logam
Mobil China diparkir berbentuk kerbau logam. Foto: Dok. Guinness World Records
Jakarta -

Produsen otomotif asal China, Geely, baru-baru ini telah menciptakan sebuah rekor baru. Bukan menjadi mobil yang tercepat di jalan, melainkan membuat sebuah mosaik besar dengan menggunakan mobil mereka.

Rekor tersebut dilakukan oleh Klub Geely Emgrand yang berbasis di China dalam menyambut Tahun Baru Imlek pada tanggal 12 Februari 2021 lalu. Dengan shio Kerbau sebagai lambang Imlek tahun ini, mereka berinisiatif membuat mosaik berbentuk kepala kerbau yang melibatkan ratusan mobil.

Dalam proses pembuatannya, diperlukan sebanyak 750 mobil dan waktu hingga 30 jam agar bisa menghasilkan mosaik kepala kerbau. Dilihat dari visual udara, mobil berwarna putih dijadikan sebagai latar belakang, sementara berwarna gelap akan membentuk gambar kepala kerbau.

Dikutip dari Motor1, total lahan yang diperlukan dalam pembuatan mosaik mobil China oleh Geely hampir seluas 7.000 meter persegi. Hal itu dilakukan agar bisa masuk ke dalam rekor dunia.

Mobil China Diparkir Berbentuk Kerbau LogamMobil China Diparkir Berbentuk Kerbau Logam Foto: Dok. Guinness World Records

Soalnya ada beberapa peraturan khusus untuk bisa tercatat dalam buku rekor. Yakni mosaik harus terdiri dari mobil yang tersusun membentuk pola dan bisa dilihat dengan jelas dari atas. Selain itu jarak antara mobil juga diatur, yakni tidak boleh melebihi dari 20 cm. Satu lagi, keseluruhan gambar mosaik mobil harus mencakup area minimal seluas 3.000 meter persegi.

Tak hanya membuat mosaik kepala kerbau, pada bagian bawah juga terdapat susunan mobil yang membentuk mozaik angka 2021 dan juga bahasa Mandarin.

Beberapa rekor dunia dalam otomotif juga pernah tercatat sebelumnya. Tahun lalu Porsche Taycan tercatat dalam buku rekor saat melakukan aksi drift terpanjang menggunakan mobil listrik. Hal itu dilakukan oleh Dennis Retera, dimana mobil itu melakukan drift hingga sejauh 42 km dalam rentang waktu 55 menit.

Selain itu di tahun 2006, seorang pria bernama Jussi Kallioniemi tercatat dalam buku rekor ketika berhasil mendorong sebuah mobil SUV Saab sejauh 1,6 km dalam waktu 13 menit dan 26 detik.



Simak Video "Vihara Dharma Bhakti Tutup, Warga yang Sembahyang Dilanjut Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)