Sempat Riset Mobil Listrik, Esemka Tegaskan Masih Fokus di Mobil BBM

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 04 Feb 2021 09:04 WIB
Jokowi ikut luncurkan mobil Esemka
Sempat meriset mobil listrik, Esemka menegaskan masih fokus memproduksi mobil BBM. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Esemka sempat melakukan penelitian untuk kendaraan listrik. Saat itu, pabrikan yang bermarkas di Boyolali, Jawa Tengah, ini menggandeng PT Pindad untuk mengembangkan mobil listrik dalam bentuk pikap kabin ganda Esemka Digdaya.

Namun, dipastikan untuk saat ini Esemka masih fokus pada kendaraan dengan mesin berbahan bakar minyak (BBM). Menurut Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Sabar Budi, pihaknya masih belum tahu apakah melanjutkan proyek riset mobil listrik atau tidak.

"Esemka saat ini masih konsentrasi pada produksi kendaraan niaga yang berbasis mesin," kata Sabar kepada detikOto, Kamis (4/2/2021).

"Jadi kalau mengarah ke kendaraan listrik masih belum," sebutnya.

Sabar mengatakan, pihak Esemka sempat menjalin kerja sama dengan PT Pindad soal kendaraan listrik. Tapi, kolaborasi dengan PT Pindad beberapa waktu lalu masih dalam tahap riset dengan membuat mobil double cabin berbasis listrik.

"Apakah kerja sama tersebut diteruskan atau tidak, kami tidak tahu," katanya.

Mobil Esemka baru Kemhan (Matius Alfons/detikcom)Mobil Esemka dipakai Kementerian Pertahanan. (Matius Alfons/detikcom) Foto: Mobil Esemka baru Kemhan (Matius Alfons/detikcom)

Sabar kembali menekankan bahwa Esemka kini masih fokus pada kendaraan komersial dengan mesin konvensional. Untuk saat ini, Esemka menjual pikap Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3.

Untuk Esemka Bima 1.2 dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW atau kalau dikonversikan setara dengan 96,5 daya kuda dan torsi maksimum 119 Nm. Bobot Esemka Bima mencapai 2.150 kg.

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) akhirnya resmikan pabriknya di daerah Boyolali, Jateng. Pabrik itu nantinya akan memproduksi mobil-mobil Esemka.Pikap Esemka Bima. Foto: Ragil Ajiyanto

Secara dimensi, Esemka Bima memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan kargo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Sementara Esemka Bima 1.3 hadir dengan dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm dan tinggi 1.995 mm dengan kargo boks berukuran 2.970 mm x 1.740 mm x 470 mm.

Mobil Esemka Bima 1.3 dibekali mesin 1.300 cc DOHC 16V dengan kapasitas bulat 1.298 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 63 kW dengan torsi maksimal 105 Nm.

Saat ini, peminat Esemka sudah tersebar di beberapa wilayah. Bahkan bukan cuma di Pulau Jawa, penjualan mobil Esemka juga sudah menyasar ke Pulau Sumatera. Kini, selain di Boyolali, Jawa Tengah, Esemka juga telah membuka dealer di Lampung yang beralamat di Jl Urip Sumoharjo, Bandar Lampung.



Simak Video "Ramai di Medsos Prabowo Jajal Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)