Rantis Maung Resmi Dijual untuk Umum Tahun Ini, Harga Rp 600 Juta

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 22 Jan 2021 06:35 WIB
Jakarta -

PT Pindad (Persero) akhirnya mengonfirmasi akan menjual Maung versi umum tahun ini. Hal ini sekaligus menjawab desas desus kabar yang mengatakan Maung siap dijual tahun ini.

Kendaraan Rantis (Taktis Ringan) Maung 4X4 yang awalnya diproduksi khusus untuk militer direncanakan akan rilis versi sipilnya pada tahun ini. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, melalui rilis resmi perusahaan yang diterima detikoto.

Abraham Mose menyampaikan bahwa Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Rantis Maung versi sipil yang diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun 2021.

"Progress saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut. Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya. Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri," demikian termuat dalam rilis yang diterima redaksi detikOto.

Bicara spesifikasi, Maung versi sipil tentunya akan berbeda dengan versi militer karena terdapat kelengkapan versi militer yang tidak akan digunakan dalam versi sipil. Di antaranya bracket senjata, roll bar, dan beberapa penyesuaian lainnya. Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan.

Untuk harga jual, Rantis Maung bakal dilepas dengan banderol Rp 600 juta.

Spesifikasi Rantis Maung

Berkaca pada versi militer yang sudah ada, Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. Pun dirancang untuk memiliki kemampuan modular untuk difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem?PT Pindad (Persero) resmi memperkenalkan Kendraan Taktis (Rantis) Maung ke publik. Nah, seberapa gahar sih di medan ekstrem? Foto: Agung Pambudhy

Lari ke bagian depan tampilan tangguh terlihat dengan 4 lampu kotak yang dilapisi dengan tralis, motor winch (tali untuk menarik kendaraan) hingga 4,5 ton, Hi Lift jack, membuat Rantis Maung terlihat siap melahap semua medan.

Sedangkan pada tampak samping sangat terlihat Rantis Maung memiliki kaki-kaki yang dirancang sangat kuat. Berkat pemasangan suspensi depan independent, Coilover shock, dan long arm. Pada bagian suspensi belakang, Maung menggunakan Rigid, Coilover shock, dan four link arm.

Bahkan jika militer Indonesia ingin menyelipkan peralatan militer sudah disiapkan. Sebut saja dengan menyediakan slot untuk menyelipkan radio militer untuk bisa berkomunikasi, selain itu slot untuk menyelipkan tablet atau GPS juga ikut diberikan. Tidak lupa lampu kecil untuk bisa membaca peta juga diberikan.

Selanjutnya kemudahan untuk mengubah penggerak roda dari 2 wheel atau 4 Wheel juga dirasakan siapa saja yang mengendarai Rantis Maung. Karena pada bagian center dashboard pengendara cukup mengubah transmisi dari 2 Wheel menjadi 4 Wheel dengan memutarkan tombol.

(lth/din)