Renault 5 Akan Dihidupkan Lagi Sebagai Mobil Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 17 Jan 2021 16:13 WIB
Prototipe mobil listrik Renault 5
Prototipe mobil listrik Renault 5. Foto: Renault
Jakarta -

Renault akan membangkitkan kembali model hatchback legendarisnya, Renault 5. Menariknya, Renault 5 akan dihidupkan kembali sebagai sebuah mobil listrik modern.

Dikutip dari Carscoops, Renault 5 baru bakal memiliki desain yang sangat mirip dengan versi pendahulunya yang masih bermesin konvensional. Prototipe Renault 5 yang dirilis memiliki detail yang elegan dan futuristik pada lampu dan fascia depan.

Direktur Desain Renault, Gilles Vidal, mengubah beberapa fungsi mobil ini agar sesuai dengan kebutuhan kendaraan listrik modern. Misalnya, bagian grille dibuat nihil, kemudian di atas kap mesin terdapat port charging untuk pengisian ulang daya baterai. Lampu belakang dilengkapi flap aero, dan lampu kabut depan yang bisa difungsikan sebagai lampu DRL (Day Running Light).

Prototipe mobil listrik Renault 5Prototipe mobil listrik Renault 5 Foto: Renault

Prototipe mobil listrik Renault 5 juga menampilkan logo depan dan belakang yang menyala, warna eksterior dual tone (kuning dan hitam). Renault belum mengungkapkan bagian interiornya, tetapi mobil ini dipastikan memiliki layar transparan kecil di atas dasbor.

Produsen mobil asal Prancis itu tidak menyebutkan detail apa pun tentang powertrain listrik yang bakal digunakan, termasuk soal besaran tenaga maksimal maupun kemampuan jelajah. Tapi yang pasti, Renault 5 baru dirancang sebagai kendaraan listrik murni, yang artinya tidak akan ada varian dengan sebuah powertrain ICE (Internal Combustion Engine).

Prototipe mobil listrik Renault 5Prototipe mobil listrik Renault 5 Foto: Renault

"Desain prototipe Renault 5 didasarkan pada R5, model warisan kami," kata Gilles Vidal. "Prototipe ini hanya mewujudkan modernitas, kendaraan yang relevan dengan masanya: perkotaan, listrik, menarik," sambungnya.

Renault 5 EV akan bergabung dengan mobil Renault lain yang dibangkitkan kembali sebagai kendaraan listrik seperti Renault 4. Ke depannya, Renault ingin 30 persen dari total penjualannya adalah kendaraan listrik pada tahun 2025. Dan model hatchback ramah lingkungan seperti Renault 5, pasti akan memiliki peran besar di industri kendaraan ramah lingkungan.



Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)