Tergusur dari Puncak Mobil Terlaris, Avanza Masih Berjaya di Kelasnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 17 Jan 2021 13:00 WIB
Toyota Avanza-Veloz Sebangsa di Medan
Toyota Avanza masih jadi mobil low MPV terlaris di Indonesia. Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta -

Toyota Avanza sepanjang tahun 2020 tergusur dari puncak mobil terlaris di Indonesia. Pada 2020, puncak mobil terlaris di Indonesia diduduki oleh Honda Brio (Satya dan RS). Sementara Avanza berada di posisi ketiga di bawah Suzuki Carry.

Meski tergusur dari puncak mobil terlaris Indonesia, Avanza masih menjadi raja di kelasnya. Mengutip data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza menjadi low MPV paling laris di Indonesia.

Data wholesales Gaikindo mencatat Toyota Avanza merupakan low MPV terlaris dengan penjualan sebanyak 35.754 unit. Penjualan Toyota Avanza itu tak terkejar oleh lawan-lawannya di segmen low MPV.

Seperti diketahui, low MPV merupakan salah satu segmen besar di pasar otomotif Indonesia. Harganya yang tak terlalu mahal, ditambah fungsionalnya yang bisa mengangkut penumpang hingga tujuh orang membuat orang Indonesia suka mobil low MPV. Apalagi orang Indonesia suka bepergian bersama keluarga sehingga mobil tujuh penumpang sangat diminati.

Di segmen ini, selain Toyota Avanza ada Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobili dan Wuling Confero S.

detikoto melakukan uji irit dari 6 mobil tipe MPV dari berbagai macam pabrikan di bridgestone sirkuit, Karawang. Ke enam mobil tersebut adalah Wuling Cortez, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Grandyos Zafna/detikcomPasar Low MPV masih dikuasai Toyota Avanza. Foto: Grandyos Zafna

Penjualan Toyota Avanza pada 2020 jauh di atas kompetitornya. Di posisi kedua low MPV terlaris adalah Mitsubishi Xpander (tanpa Xpander Cross). Low MPV Mitsubishi itu terjual sebanyak 14.793 unit.

Di bawahnya lagi adalah Nissan Livina. MPV kembaran Mitsubishi Xpander itu penjualannya mencapai 9.082 unit selama tahun 2020.

Untuk lebih jelasnya, berikut data penjualan low MPV di Indonesia pada 2020:

1. Toyota Avanza: 35.754 unit
2. Mitsubishi Xpander (tanpa Xpander Cross): 14.793 unit
3. Nissan Livina: 9.082 unit
4. Daihatsu Xenia: 7.637 unit
5. Suzuki Ertiga: 7.516 unit
6. Honda Mobilio: 5.668 unit
7. Wuling Confero: 3.060 unit.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)