Toyota Luncurkan Mobil Listrik 2-Seater Murah Rp 220-an Juta

Doni Wahyudi - detikOto
Senin, 28 Des 2020 06:54 WIB
Toyota C+Pod
Mobil full listrik Toyota C+pod meluncur di Jepang (Toyota Global)
Jakarta -

Di penghujung tahun 2020 Toyota melakukan peluncuran terbatas kendaraan listrik terbarunya. C+pod resmi dirilis di Jepang tepat pada Natal pekan lalu.

C+pod dikatergorikan sebagai mobil full listrik kompak (ultra-compact battery electric vehicle). Bentuknya memang sangat kompak, di mana mobil ini hanya mampu menampung dua orang saja.

Dikutip dari YahooFinance, C+pod diperuntukkan bagi korporasi, organisasi, atau instansi pemerintah yang berencana menggunakan mobil listrik dalam jajarannya. Ini sejalan dengan tren mobil listrik yang terus meningkat di seluruh dunia dan pelarangan penjualan mobil bensin di Jepang mulai 2030.

Toyota C+PodToyota C+Pod Foto: Toyota Global

Dimensi mobil ini hanya 2.490 x 1.290 x 1.550 mm (panjang x lebar x tinggi) serta memiliki radius belok 3,9 meter. Mobil ini diklaim mudah digunakan di jalan-jalan sempit dan juga memudahkan saat parkir.

Baterai lithium 9kWh diletakkan di dasar mobil pada bawah jok. Sementara mesinnya, yang memiliki spesifikasi output maksimal 9,2 kWh dan torsi 56 N·m, berada di bagian belakang.

Dengan kondisi baterai terisi penuh, C+pod diklaim mampu menembus jarak 150 km. Sementara kecepatan maksimal mencapai 60 km/jam. Didukung oleh penggunaan pengisian daya standar, mobil ini mudah diisi ulang dayanya di rumah maupun di stasiun-stasiun pengisian daya mobil listrik.

Toyota C+PodToyota C+Pod Foto: Toyota Global

C+pod dapat terisi penuh paling cepat setelah di-charge selama 5 jam, sementara paling lama membutuhkan waktu hingga 16 jam.

Dengan spesifikasi tersebut di atas, C+pod merupakan mobil listrik yang dirancang untuk jarak dekat. Digunakan bagi karyawan perusahaan atau instansi pemerintah yang kerap melakukan kunjungan bertemu pelanggan atau publik.

Toyota C+PodToyota C+Pod Foto: Toyota Global

Untuk standar keamanan terbilang lengkap. Mobil kompak ini memiliki Pre-collision Safety System, Intelligent Clearance Sonar, juga sistem untuk menghindari tabrakan atau meminimalisir kerusakan saat berbenturan dengan benda lain dalam kecepatan rendah.

C+pod tersedia dalam dua pilihan. Yang pertama tipe X dengan banderol 1.650.000 yen (sekitar Rp 226,1 juta) dan 1.716.000 yen (sekitar (Rp 235,1 juga).



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)