Hilang dari Situs Resmi, Isuzu Panther Masih Punya Peminat, Segini Penjualannya

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 17 Des 2020 14:51 WIB
Isuzu Panther
Isuzu Panther Foto: Dok. Astra Isuzu
Jakarta -

Isuzu Panther sudah menghilang dari situs resmi. Mobil diesel legendaris ini sudah setop produksi sejak dilanda pandemi Covid-19. Masih adakah peminatnya?

General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan kalau peminat Panther mayoritas pengguna lama.

Lebih lanjut, Attias mengatakan bahwa penjualan Isuzu Panther merosot sangat signifikan. Penjualan saat ini untuk menghabiskan stok dari dealer.

"Karena penjualan sampai hari ini masih tercover dengan stok yang ada, selama pandemic ini belum ada produksi," kata Attias saat dihubungi detikoto beberapa waktu yang lalu.

"Penjualan Panther drop sekitar 48 persen (di masa pandemi), di semester 2 rata-rata penjualannya sekitar 21 unit per bulan (termasuk pickup Panther)," jelasnya.

Mengutip data Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Panther memang tak lagi diproduksi sejak Maret 2020.
Ada empat model Panther untuk kendaraan penumpang yang ditawarkan masyarakat Tanah Air. Keempat model itu adalah Panther Smart (LM), Panther LV, anther LS, dan Panther Grand Touring.

Hingga saat ini model terakhir Isuzu Panther yang diproduksi sejak tahun 2005 masih aktif di pasar Indonesia. Namun penjualannya semakin menurun tergerus oleh berbagai model-model terbaru dari berbagai brand otomotif di Indonesia.

Dari tahun 2017 ke tahun 2018 penjual Isuzu Panther merosot hingga 17,2 persen. Pada tahun 2017 Isuzu Panther terjual sebanyak 1,147 unit sedangkan pada tahun 2018 jatuh pada angka 950 unit.

Tahun 2019 lalu, selama 12 bulan penjualan Isuzu Panther tercatat hanya 681 unit. Sedangkan sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2020, Panther sudah terdistribusi sekitar 314 unit.

Isuzu Panther merupakan salah satu mobil legendaris. Mobil ini hadir di Indonesia dan telah mengalami 4 kali perubahan. Secara model, sejak lahir tahun 1991 Isuzu juga terus menyempurnakan tampilan Panther. Terakhir, Panther tercatat dipermak pada tahun 2013.

Diawali dari generasi pertama tahun 1991-1996 yang disebut sebagai Panther Kotak Pre-Facelift, lalu diikuti generasi kedua 1996-2000 yang disebut dengan Panther Kotak Facelift, selanjutnya generasi ketiga Panther Kapsul versi awal (2000-2004), dan generasi terakhir mulai 2004 hingga saat ini.

Hingga akhirnya, tersebar Isuzu Panther menghilang dari website resmi, dan setop produksi karena terbentur aturan standar emisi Euro 4, yang berlaku pada April 2022. Apakah laju produksi mobil diesel ini akan berhenti, bagaimana nasib ke depannya?

"Kita lihat sampai seberapa besar pasar dari Panther ke depannya," tutupnya.



Simak Video "Selamat Tinggal, Isuzu Panther!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)