Jumat, 03 Jul 2020 14:35 WIB

Pabrik Suzuki di Malaysia Tutup

Luthfi Anshori - detikOto
Logo Suzuki Ilustrasi logo Suzuki. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Suzuki Assemblers Malaysia (SAMSB) resmi menyetop seluruh aktivitas produksi dan kegiatan bisnisnya mulai 1 Juli 2020. Hal ini terungkap dari sebuah surat edaran yang dilayangkan kepada jaringan dealer resmi Suzuki di Malaysia.

Dalam surat tersebut dijelaskan penutupan perusahaan Suzuki Assemblers Malaysia Sdn Bhd, mulai 1 Juli 2020. Dalam poin pertama disebutkan Suzuki Assemblers Malaysia akan memutus semua kontrak dengan dealer Suzuki pada 31 Juli 2020.

Kemudian terkait jaminan bank kepada Suzuki Assemblers Malaysia, akan dikembalikan kepada perusahaan sebelum tanggal 15 Agustus 2020.

Surat edaran Suzuki Assemblers MalaysiaSurat edaran Suzuki Assemblers Malaysia Foto: MotoMalaya

Sebagai gantinya, Suzuki Malaysia Sdn Bhd (SMSB) akan menjadi perusahaan baru yang mengendalikan penjualan Suzuki di Malaysia. Kemungkinan besar perusahaan ini akan menjadi distributor resmi yang mengimpor produk-produk Suzuki untuk pasar Malaysia, sekaligus untuk menjamin kelangsungan layanan purna jual Suzuki.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda kepada Suzuki Assemblers Malaysia selama ini. Kami juga berharap Anda akan terus melanjutkan program layanan purna jual kepada para pelanggan," tulis surat yang ditandatangani Managing Director Suzuki Assemblers Malaysia, Kunihiko Uetsuki.

Hengkangnya Suzuki dari Malaysia memang bukan isu baru. Sebab pada 2016 silam, Suzuki Assemblers Malaysia sudah menutup fasilitas perakitan di Prai, Pulau Pinang.


Pabrik yang beroperasi sejak tahun 1971 ini menghasilkan banyak model populer Suzuki seperti GP100, RC, Suzuki Best, Panther, Gamma RG, RGV, RGX, dan FXR150.

Keputusan itu dibuat tidak lama setelah Suzuki Malaysia Automobile (SMA) mengundurkan diri dari industri otomotif di Malaysia. Catatan penjualan yang sedikit jadi faktor utama mengapa Suzuki menyetop kegiatan bisnisnya di negeri ini.

Kendati pabriknya sudah tidak lagi beroperasi, Suzuki Assemblers Malaysia sempat menjalankan kembali bisnisnya dengan mendatangkan model-model impor dari Jepang. Tahun lalu, Suzuki Assemblers Malaysia mendatangkan bigbike ikonik, Suzuki Katana, untuk pasar Malaysia.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com