Honda Setop Jualan Mobil Bensin dan Diesel di Eropa Mulai 2022

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 04 Des 2020 17:40 WIB
Logo Mobil Honda
Honda akan menyetop penjualan mobil yang hanya menggunakan mesin bensin dan diesel di Eropa. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Dunia membutuhkan kendaraan yang ramah lingkungan. Pencemaran dari hasil pembakaran mobil berbahan bakar fosil membuat dunia harus berbenah. Beberapa negara di dunia berniat melarang penjualan mobil baru bermesin bakar beberapa tahun ke depan, terutama di Eropa.

Pabrikan asal Jepang, Honda, menyambut wacana larangan mobil bermesin bakar itu. Diberitakan Autocar, Honda bertujuan menghapus mobil yang hanya menggunakan mesin bensin dan diesel di Eropa pada akhir 2022. Hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Senior Honda di Inggris, Ian Howells. Mobil yang akan dijual Honda nantinya adalah mobil hybrid dan mobil listrik.

"Ini (line-up Honda) akan menjadi kombinasi mobil listrik sepenuhnya dan hybrid," kata Howells.

Pernyataan Howells menyusul pengumuman Inggris melarang penjualan mobil bermesin bensin dan diesel. Inggris bakal melarang penjualan kendaraan bermesin bensin dan diesel mulai tahun 2030.

Howells sangat menekankan bahwa Honda percaya pada pendekatan untuk mengurangi karbon hasil pembakaran. Pengumuman pemerintah Inggris tentang larangan mobil bensin dan diesel pada 2030 tidak mengubah itu.

Meskipun Honda mendukung elektrifikasi, harga kendaraan listrik adalah salah satu alasan mengapa Howells tidak melihatnya sebagai solusi langsung untuk mengurangi keluaran karbon. "Harganya sepertiga hingga 50% lebih mahal daripada kendaraan konvensional atau hybrid," katanya.

Alih-alih langsung menuju mobil listrik sepenuhnya, Honda merasa teknologi hybrid akan menawarkan cara efektif untuk beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai sepenuhnya.

"Kami melihat ini (mobil hybrid) sebagai jenis teknologi transisi atau penghubung untuk membawa kami ke titik di mana teknologi di balik baterai dan infrastruktur siap untuk bergerak maju menawarkan mobilitas pribadi massal dengan jenis pembawa energi baru," sebutnya.

Selain Inggris, seperti diberitakan Reuters, Jepang kemungkinan akan melarang penjualan mobil baru bermesin bensin pada pertengahan 2030. Langkah larangan mobil bermesin fosil ini untuk mendukung kendaraan hybrid atau mobil listrik.

Langkah melarang mobil bermesin bakar ini mengikuti beberapa negara di Eropa. Prancis berencana melarang mobil bermesin bakar di tahun 2040. Selain itu, Jerman, Irlandia, dan Belanda akan melarang penjualan mobil bensin dan diesel tahun 2030. Sementara Norwegia akan menjadi negara tercepat dan pertama yang berencana melakukannya di tahun 2025.



Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)