Ada Rencana Road Trip Akhir Tahun? Cek Dulu Kondisi Ban

Jihaan Khoirunnisaa - detikOto
Minggu, 29 Nov 2020 09:39 WIB
Bridgestone
Foto: shutterstock
Jakarta -

Bagi sebagian orang, bepergian dengan pesawat terbang sudah mulai menjadi pilihan. Namun sebagian lainnya merasa perjalanan darat bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi menjadi opsi menarik di era new normal ini. Untuk masyarakat Ibu Kota road trip biasanya dilanjutkan dengan menginap beberapa malam di penginapan yang lokasinya tidak begitu jauh dari Jakarta alias staycation.

Tren road trip dan staycation bersama keluarga ini tentunya memberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta. Tanpa harus bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang lain.

Selama road trip, biasanya masyarakat menggunakan kendaraan pribadi dan berkendara dalam jarak yang lumayan jauh. Sehingga kondisi kelayakan dan keamanan kendaraan sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya adalah pemeriksaan kondisi ban.

"Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, sehingga sebelum perjalanan jarak jauh perlu bagi pengguna kendaraan untuk selalu mengecek kondisi ban agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan," ujar Arko Kanadianto selaku Head of Corporate Communications & Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia dalam keterangan tertulis.

Sebelum memulai road trip bersama keluarga, simak tips memeriksa kondisi ban dari Bridgestone yang perlu kamu perhatikan:

1. Periksa Kondisi Fisik Ban

Melihat langsung kondisi fisik menjadi cara termudah untuk memeriksa kondisi ban. Pastikan tidak ada kerusakan fisik yang terlihat, baik di telapak ban maupun side wall. Periksa juga kemungkinan adanya keausan yang tidak merata atau kerusakan pada spot tertentu (spot wear). Atau adanya goresan (thread cut/chipping) yang dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan ban.

2. Cek Tekanan Angin Ban Sesuai Petunjuk Penggunaan

Ban akan dapat mengalirkan air dengan lebih baik saat diisi tekanan angin yang sesuai dengan petunjuk penggunaan. Tekanan angin yang sesuai juga dapat meminimalisir kenaikan suhu pada ban saat bergesekan dengan permukaan jalan. Jadi, pastikan kamu menyempatkan diri untuk memeriksa tekanan angin sebelum melakukan perjalanan jauh.

3. Pastikan Telapak Ban Bagus dan Tidak Gundul

Cara paling mudah adalah dengan memeriksa Tread Wear Indicator (TWI) pada ban dan memastikan bahwa telapak atau kembang ban tidak kurang dari TWI tersebut.

Di samping itu, pemilihan ban yang berkualitas sangat membantu road trip agar lebih aman dan nyaman. Bridgestone merekomendasikan Bridgestone ECOPIA EP150 dan Bridgestone TURANZA T005A, sebagai produk yang cocok untuk kendaraan pribadi yang digunakan untuk perjalanan road trip bersama keluarga.

Bridgestone ECOPIA EP150 adalah produk Bridgestone dengan teknologi teranyar melalui penciptaan produk dengan hambat gulir rendah (low RRC). Konsumsi bahan bakar lebih efisien dengan tetap mengutamakan kinerja ban yang andal. Selain lebih ramah lingkungan karena menurunkan emisi CO2 dari teknologi low RRC, Bridgestone ECOPIA EP150 akan memberikan pengalaman umur pakai ban yang lebih lama sehingga lebih ekonomis.

BridgestoneFoto: Bridgestone

Sementara Bridgestone TURANZA T005A berkonsep produk premium yang eksklusif untuk perjalanan lebih tenang, dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah dan aman karena keandalan pengendalian di jalan kering maupun basah. Pola telapak asimetris dari Bridgestone Turanza T005A meningkatkan performa ban di permukaan jalan basah, menjadikan perjalanan kamu bersama orang-orang tercinta jadi lebih aman dan nyaman.

Selalu periksa kondisi ban sebelum berkendara bersama keluarga dan sesuaikan pilihan produk ban dengan kebutuhan perjalanan.

(akn/ega)