Dijegal Pandemi Corona, Segini Penjualan BMW di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 26 Nov 2020 14:48 WIB
BMW X1
Ilustrasi mobil BMW terlarFoto: Instagram @Bmwastra_usedcar
Jakarta -

BMW Astra mengklaim jika penjualan produknya tidak terlalu anjlok saat dihantam pandemi Corona. Ada dua mobil terlaris yang masih menjadi tulang punggung penjualan BMW di Tanah Air.

CEO BMW Astra Fredy Hanjaja mengatakan performa penjualan mobil di Tanah Air, BMW mengklaim tidak mengalami penurunan penjualan secara signifikan. Meski ia tidak merinci lebih lanjut berapa besaran penurunannya.

"Saya bersyukur bahwa pencapaian kami sampai dengan bulan Oktober tidak sedalam penurunan industri otomotif pada umumnya," ujar Fredy saat konferensi virtual, Kamis (26/11/2020).

"Tetapi tetap kami harus mengakui bahwa dari segmen kami mengalami penurunan," sambungnya.

Bila melirik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober secara retail sales (distribusi dealer ke konsumen), BMW sudah mengirim kendaraan sebanyak 1.633 unit. Dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama, BMW mengalami penurunan sekitar 23 persen, dengan catatan pada tahun lalu berhasil menjual kendaraan ke konsumen sebesar 2.133 unit.

Secara retail sales BMW sementara masih unggul tipis jika dibandingkan dengan brand mewah lain. Mercedes-Benz pada sepanjang Januari-Oktober 2020 bisa mengirim 1.378 unit, dan Lexus tercatat 775 unit.

BMW X1BMW X1 Foto: Instagram @Bmwastra_usedcar

Fredy menyebut untuk mobil terlaris BMW saat masih dipegang oleh BMW X1 dan Seri 3. Di mana banderol X1 termurah saat ini Rp 840 juta, sedangkan seri 3 termurah Rp 976 juta. "Produk backbone kami tetap masih sama seri 3 dan X1," kata Fredy.

Tapi penjualan menukik turun tidak termasuk mobil bekas untuk merek BMW. Mobil bekas merek asal Jerman itu mengklaim bisa bertahan di kondisi sulit seperti sekarang ini. Bicara performa penjualan BMW Astra Used Car -- dealer resmi jual-beli BMW bekas di Indonesia menyebut malah mengalami kenaikan, meski tak disebut berapa jumlahnya.

"Prospek ke depan sangat baik. Kami tidak mengalami (efek penurunan penjualan) pandemi, bahkan penjualan used car kami meningkat," ungkap Fredy Handjaja.



Simak Video "Eraspace Adventure with BMW: Explore Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)