Kenapa Baru Bawa Mobil Listrik ke Indonesia Sekarang, Lexus?

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 18:59 WIB
Mobil listrik Lexus resmi diluncurkan di Indonesia
Mobil listrik Lexus resmi diluncurkan di Indonesia. Foto: Screenshot Youtube Lexus Indonesia
Jakarta -

Lexus Indonesia akhirnya memboyong mobil listrik mereka, UX 300e, ke Indonesia. Jika dibandingkan dengan pabrikan lain, brand yang masih di bawah naungan grup Toyota itu memang agak terlambat. Pasalnya merek-merek seperti BMW, Hyundai, bahkan merek China DFSK, sudah lebih dulu merilis mobil listrik full baterai mereka di Indonesia. Lalu mengapa baru sekarang Lexus memasarkan mobil listrik di Tanah Air?

Seperti disampaikan, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, Lexus Indonesia menunggu momen yang tepat untuk merilis kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, karena harus mempertimbangkan beragam faktor.

"Bahwa dalam meng-introduce (memperkenalkan) suatu produk itu Lexus selalu memikirkan banyak hal. Jadi misalnya apakah produk ini timing-nya tepat? Kemudian segmennya tepat? Dan menyesuaikan dengan market yang ada. Itu adalah hal yang penting," kata Anton, dalam webinar Exclusive Media Gathering of The First Ever All Electric Lexus, Rabu (25/11/2020).

Anton juga menolak anggapan jika pabrikan Jepang, seperti Lexus, telat memasukkan produk mobil listrik di Tanah Air. Sebab riset dan pengembangan mobil listrik Lexus berjenis hybrid sudah dilakukan sejak belasan tahun lalu.

"Sebenarnya Lexus itu memimpin di dalam era elektrifikasi, bahkan kita sudah mulai meluncurkan RX 400h (hybrid) di tahun 2005. Jadi sudah 15 tahun pengalaman Lexus dalam meng-introduce produk-produk elektrifikasi. Walaupun dimulai dengan hybrid, tapi tentu saja ilmu ini bisa kita gunakan dalam melakukan introduksi model-model elektrifikasi lebih baik," lanjut Anton.

"Jadi tidak setengah-setengah. Benar-benar riset dan pengembangan Lexus ini cukup lama, mempelajari segmen marketnya, kondisi infrastrukturnya, dan ini adalah timing yang baik dalam menambah sejarah elektrifikasi kita," tambahnya lagi.

Sebagai informasi, mobil listrik Lexus yang dijual di Indonesia adalah UX 300e. Mobil ini memiliki desain eksterior yang identik dengan varian Lexus UX 300 bermesin bensin. Untuk membedakan dengan varian mesin bensin, Lexus UX 300e dibekali logo Lexus dengan warna dasar biru dan emblem bertuliskan 'electric' yang disematkan di kedua sisi bodi.

Dari segi jantung pacu, Lexus UX 300e menggunakan motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi puncak 300 Nm.

Sebagai penyuplai daya, mobil listrik ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, yang bisa bertahan untuk menempuh jarak 300 km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)