Senin, 16 Nov 2020 19:55 WIB

Honda, Mana Mobil Barunya?

Ridwan Arifin - detikOto
Logo Honda Kenapa Honda belum meluncurkan mobil baru di tahun 2020? Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Honda Prospect Motor (HPM) belum merilis mobil baru hingga menjelang akhir tahun 2020. Sementara pabrikan mobil lain lebih rajin mengenalkan produk barunya di Indonesia.

Umumnya peluncuran model baru itu dilakukan untuk merangsang penjualan mobil agar bisa meningkat meskipun Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan pihaknya belum mau meluncurkan mobil baru karena pasar otomotif belum sepenuhnya pulih.

"Sekali lagi, peluncuran produk baru salah satu strategi kami untuk meningkatkan penjualan, tapi seperti diketahui market masih belum stabil," kata Billy saat konferensi pers virtual, Senin (16/11/2020).

"Dalam peluncuran mobil kami selalu melihat kondisi market, dan juga kebutuhan konsumen apakah model-model tersebut, konsumen butuh atau bagaimana, jadi kami selalu melihat kondisi pasar, dan kebutuhannya. Jadi tolong bersabar untuk masalah mobil baru ini, jadi tunggu saja, kapan saat yang tepat," sambungnya.

Padahal Honda memiliki beberapa model baru yang sudah dipasarkan di negara lain. Misalnya, Honda Malaysia baru saja meluncurkan mobil SUV terbarunya, New Honda CR-V pada 5 November 2020. New Honda CR-V mengalami berbagai perubahan pada segi eksterior dan interior yang lebih segar dan tetap mempertahankan desain modern serta penambahan teknologi keselamatan canggih dari Honda SENSING.

Tak hanya mobil baru, Honda juga masih pikir-pikir memboyong mobil listriknya ke Indonesia. Meski pabrikan lain seperti Hyundai sudah bergerak lebih dulu ke tenaga murni baterai. Lalu Toyota, Nissan dan Mitsubishi dengan Hybrid dan Plug In Hybrid.

Pada 2025 pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menargetkan 20 persen kendaraan sudah berbasis Low Cost Emission Vehicle yang di dalamnya ada mobil berbasis listrik, hybrid dan plug-in hybrid. Bagaimana Honda?

"Kita mendukung program pemerintah, kami memiliki banyak teknologi, kami terus terang melakukan studi terus apa yang konsumen mau. Jadi kapan Honda akan berpatisipasi, kita lihat nanti, tetapi kami tetap mendukung program elektrifikasi," jelas Billy



Simak Video "Keren! Itenas Bandung Ciptakan Mobil Militer Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com