Mobil Prancis Jarang Dilirik, Pemasarannya Kurang Gencar?

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 05 Nov 2020 16:20 WIB
New Peugeot 5008
Mobil Prancis Peugeot. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Produk Prancis banyak beredar di Indonesia. Salah satunya adalah produk otomotif. Di Indonesia, ada mobil Prancis yang masih dijual saat ini, yakni Peugeot dan Renault.

Namun, tak seperti mobil Jepang, mobil asal Prancis jarang terlihat di jalan raya. Penjualannya pun tak terlalu signifikan.

Mengutip data retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, sepanjang 2019 mobil Renault hanya terjual sebanyak 325 unit. Sementara Peugeot pada 2019 sepanjang tahun hanya menjual 129 unit mobil.

Sementara selama periode Januari-September 2020, Peugeot hanya menjual 172 unit mobil dan Renault cuma 170 unit mobil. Data itu merupakan angka penjualan retail atau penjualan langsung dari dealer ke konsumen.

Renault TriberRenault Triber, mobil Prancis yang dijual di Indonesia. Foto: Ari Saputra

Angka penjualan mobil asal Prancis itu sangat jauh jika dibandingkan dengan mobil merek Jepang. Selama setahun penuh, mobil Jepang bisa terjual ratusan ribu unit.

Kenapa mobil Prancis jarang dilirik? Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan kalau bicara kurun waktu sebenarnya mobil Prancis sudah cukup lama hadir di Indonesia. Sejak '80-an, Bebin sudah familiar dengan mobil-mobil Prancis.

"Saya cerita tahun '80-an udah tahu Citroen, tahun '90-an saya punya pengalaman dengan Peugeot. Demikian juga dengan Renault. Artinya sudah cukup lama, lebih dari 20 tahun," kata Bebin saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (5/11/2020).