Mobil Prancis Jarang Kelihatan, Seberapa Banyak Peminatnya di Indonesia?

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 04 Nov 2020 15:37 WIB
Logo Peugeot
Peugeot, mobil Prancis yang dijual di Indonesia. Foto: Astra Peugeot
Jakarta -

Pasar otomotif Indonesia didominasi oleh pabrikan asal Jepang. Namun, pabrikan asal Eropa seperti dari Prancis pun turut mewarnai pasar otomotif Indonesia. Tapi, rasanya jarang sekali melihat mobil Prancis wara-wiri di jalanan Indonesia.

Belakangan ini ramai seruan boikot produk Prancis. Aksi boikot produk Prancis ini merupakan bentuk protes terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron, karena ucapannya yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW.

Di Indonesia, ada dua merek mobil asal Prancis yang masih jualan. Mereka adalah Renault dan Peugeot. Produk otomotif asal Prancis itu memang tak begitu besar penjualannya di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil asal Prancis masih jauh di bawah mobil Jepang. Pada 2019 lalu, misalnya, pangsa pasar mobil Prancis malah di bawah 0,1%.

Pada awal 2019, merek Renault masih dipegang oleh Indomobil Group di bawah Renault Auto Euro. Baru kemudian mulai Mei 2020, penjualan Renault dipayungi Maxindo.

Renault Triber sapa IndonesiaRenault Triber, salah satu mobil Prancis yang dijual di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Sepanjang tahun 2019, mobil merek Renault yang dijual di bawah Indomobil maupun Maxindo tak terlalu banyak terjual. Mengutip data retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) yang dirilis Gaikindo, sepanjang 2019 mobil Renault hanya terjual sebanyak 325 unit.

Sementara Peugeot pada 2019 sepanjang tahun hanya menjual 129 unit mobil.

Angka penjualan mobil asal Prancis itu sangat jauh jika dibandingkan dengan mobil merek Jepang. Selama setahun penuh, mobil Jepang bisa terjual ratusan ribu unit.

Tahun 2020 ini, sepanjang Januari-September 2020 penjualan mobil Prancis juga kurang signifikan dibanding rival dari negara lain. Selama 9 bulan tahun 2020, Peugeot hanya menjual 172 unit mobil, sementara Renault cuma 170 unit mobil. Data itu merupakan angka penjualan retail atau penjualan langsung dari dealer ke konsumen.

Test drive Peugeot 5008Peugeot 5008, mobil Prancis yang dijual di Indonesia. Foto: Dadan Kuswaraharja

Sebagai pembanding, pesaingnya dari negara lain penjualannya mencapai ribuan unit. Bahkan, pabrikan asal Jepang bisa menjual ratusan ribu unit dalam periode yang sama.

Di Indonesia, Peugeot menjual mobil Peugeot 5008 dan Peugeot 3008. Berdasarkan data Gaikindo, mobil itu didatangkan langsung (impor CBU) dari Prancis dan Malaysia.

Sementara Renault menjajakan mobil seperti Renault Kwid, Triber, hingga Koleos. Rata-rata mobil Renault diimpor dari India.



Simak Video "Polri Antisipasi Gerakan Sweeping Produk Prancis "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)