Senin, 26 Okt 2020 21:21 WIB

Ini Makna Logo Brand-brand Mobil Dunia

M Luthfi Andika - detikOto
Suasana GIIAS 2019 Ilustrasi susana GIIAS Foto: Dok. Seven Events
Jakarta -

Logo menjadi satu hal penting sebagai identitas perusahaan, hal tersebut juga berlaku untuk pabrikan otomotif dunia. Karena cukup melihat logo maka banyak dari kita sebagai pengendara pasti sudah mengenal brand tersebut. Tapi kira-kira makna apa yang ada di balik logo masing-masing brand otomotif?

Nah kali ini detikOto coba mengupasnya satu per satu apa makna dari logo otomotif yang ada saat ini, seperti dikutip autocar.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia.Logo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/ Toyota Foto: Pool (Autocar/internet)

1. Toyota

Nama besar Toyota pasti sudah tidak asing bagi pencinta otomotif dunia dan Indonesia pastinya. Namun dijamin pasti sedikit dari kita mengetahui apa maknda logo Toyota tersebut.

Dikatakan Bentuk oval bagian dalam melambangkan hati pelanggan dan hati perusahaan, tumpang tindih untuk mewakili hubungan dan kepercayaan yang saling menguntungkan, serta membentuk bentuk 'T' untuk Toyota. Oval luar adalah untuk dunia yang merangkul Toyota. Setiap oval digambar dengan ketebalan guratan yang berbeda, mengacu pada seni dan budaya kaligrafi Jepang.

Ruang di latar belakang logo dimaksudkan untuk menunjukkan nilai-nilai yang ingin dijunjung Toyota: kualitas, nilai, kegembiraan berkendara, inovasi, dan integritas dalam keselamatan, lingkungan, dan tanggung jawab sosial.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif duniaLogo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Audi Foto: Pool (Autocar/internet)

2. Audi

Banyak yang tidak mengetahui nama AUDI didirikan oleh August Horsch atas saran anaknya setelah dirinya kalah atas nama perusahaan Horch Automobil-Werke GmbH dari partnernya.

Putranya menyarankan 'Audi': 'Horch' adalah bahasa Jerman untuk 'dengarkan' dan 'Audi' sama dalam bahasa Latin. Logo tersebut berasal dari Auto Union, penggabungan dari empat merek ( Audi , DKW , Horch dan Wanderer ). Cincin, mewakili setiap merek, tumpang tindih untuk menandakan persatuan. Mereka berwarna perak, warna balap nasional Jerman.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif duniaLogo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Aston Martin Foto: Pool (Autocar/internet)

3. Aston Martin

Paruh kedua nama tersebut berasal dari salah satu pendiri perusahaan, Lionel Martin dan paruh pertama dari kompetisi Aston Hill Climb, di mana dirinya akhirnya menemukan kesuksesan. Lencana 'sayap' dipilih pada tahun 1927 untuk mewakili kecepatan, dan diduga mengambil inspirasi dari 'Winged B' Bentley.

Logo-logo pabrikan mobil otomotif duniaLogo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/Bentley Foto: Pool (Autocar/internet)

4. Bentley

Bentley mulai membuat mesin pesawat pada perang dunia pertama, jadi sayapnya tampak alami. Warna perak pada logo mewakili kecanggihan. Sebenarnya ada jumlah bulu yang tidak merata di kedua sisi sayap dan jumlahnya bervariasi sepanjang sejarah. Emblem ini dirancang oleh Frederick Gordon Crosby (1885-1943).

Logo-logo pabrikan mobil otomotif duniaLogo-logo pabrikan mobil otomotif dunia/BMW Foto: Pool (Autocar/internet)

5. BMW

Dikatakan nama BMW ini adalah inisialisme dari arti bahasa Jerman dari Bavarian Motor Works. Lingkaran eksterior hitam berasal dari logo perusahaan pendahulu BMW, Rapp, sedangkan lingkaran kotak-kotak biru dan putih melambangkan bendera Bavaria.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com