Sabtu, 17 Okt 2020 05:43 WIB

Sejarah Logo Ferrari: Kenapa Pilih Gambar Kuda Jingkrak?

M Luthfi Andika - detikOto
Logo Ferrari Logo Ferrari Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Gambar kuda jingkrak dengan latar belakang berwarna kuning ini sudah jadi lambang kecepatan dan kemewahan di seluruh dunia. Bagaimana ceritanya logo tersebut bisa jadi lambang Ferrari?

Well, kami yakin banyak juga pembaca yang belum tahu kalau lambang yang sudah begitu identik dengan Ferrari ini sebenarnya justru bukan punya Ferrari. Pada awalnya logo tersebut merupakan desain untuk Alfa Romeo.

Lalu bagaimana Ferrari bisa memilikinya?

Logo FerrariLogo Ferrari Foto: Pool (MotorTrend)

Lambang Kuda Jingkrak Ferrari Ada Sejak 1692

Lambang kuda jingkrak atau Ferrari Cavallino Rampante dikatakan sudah muncul sejak 1692 dan telah terpajang pada spanduk resimen Kerajaan Piedmont dari Duke of Savoy, Vittorio Amadeo II karya Museo del Marchio Italiano.

Salah satu kisah seputar asal usul kelahiran Ferrari menyebut kalau lambang kuda jingkrak ini juga pernah terpampang pada sisi pesawat tempur Italia saat perang dunia II.

Dikisahkan, pendiri Ferrari yakni Enzo Ferrari tengah mengunjungi rumah kediaman Count Enrico Baracca dan Countess Paolina Baracca. Mereka adalah pasangan yang anaknya menjadi pilot pesawat tempur Italia, pilot tersebut bermama Francesco Baracca.

Dalam beberapa misi penerbangannya, Francesco Baracca menempelkan logo kuda jingkrak, yang merupakan hasil lukisan sendiri, pada body pesawatnya. Pasangan Count Enrico Baracca dan Countess Paolina Baracca lantas menyarankan Enzo Ferrari memasang logo kuda jingkrak tersebut di mobil balapnya sebagai lambang keberuntungan.

Benar saja, secara kebetulan setelah logo Ferrari terpasang pada peswat tempur Baracca, Ferrari langsung memenangkan laga balap di sirkuit Savio, Ravenna Italia pada 1923. Akhirnya Enzo menetapkan logo Ferrari merupakan kuda jingkrak sebagai lambang mereka. Sementara warna kuning yang menjadi latar belakang kuda merupakan warna kebesaran kampung halaman Enzo di Modena. Padahal waktu itu Baracca menggambarkan kuda jingkrak berkelir merah pada bagian samping sisi pesawat tempur.

Sementara versi lain mengisahkan kalau logo kuda jingkrak yang dipasang di pesawat tempur Perang Dunia I itu sejatinya bukan lambang keberuntungan. Melainkan simbol pembunuhan (atau penaklukkan), di mana Francesco Baracca berhasil menembak jatuh pesawat musuh yang berasal dari Suttgart, Jerman. Untuk diketahui, kota Stuttgart juga punya simbol kuda jingkrak - di mana sampai sekarang masih dipakai dan terlihat pada logo mobil Porsche.

Logo FerrariLogo Ferrari Foto: Pool (MotorTrend)

Logo Ferrari bukan Milik Ferrari

Awalnya logo Ferrari ini bukan diperuntukkan untuk Ferrari melainkan untuk Alfa Romeo, karena waktu itu Scuderia Ferrari memang belum memproduksi mobil namun hanya sebagai tim balap dari Alfa Romeo. Bahkan Enzo sendiri memulai kariernya bersama Alfa Romeo sebagai pebalap. Logo Ferrari ini terpasang pada mobil balap Alfa Romeo 8C Monza pada musim 1932.

Namun semuanya berubah setelah perang dunia II berakhir, di mana Ferrari mulai memproduksi mobil penumpang untuk pertama kali. Awalnya Enzo memang tidak tertarik untuk bisa menjual mobil Ferrari versi jalanan namun karena bertekad untuk mendanai balap Enzo harus menjual Ferrari versi jalanan namun tetap menawarkan ketangguhan. Akhirnya untuk pertama kalinya Ferrari memperkenalkan model 125 S pada 1947.

Akhirnya logo kuda jingkrak menjadi milik Ferrari dengan perubahan desain untuk pertama kalinya, awalnya memiliki berdesain perisai berubah menjadi persegi panjang.

Logo FerrariLogo Ferrari Foto: Ari Saputra

Sempat Mengalami Perubahan Logo Kuda Jingkrak

Setelah menetapkan Cavallino Rampante atau kuda jingkrak memiliki latar belakang kuning dengan tiga warna bendera Italia di bagian atas pada masa-masa awalnya, Ferrari beberapa kali mengubah logonya. Namun semuanya tetap mempertahankan ketiga elemen kunci tersebut.

Perubahan yang paling mencolok terlihat pada pada detail dan ketebalan garis. Dikatakan perubahan detail dan tebal dan tipis desain menunjukkan suasana hati dari kudanya atau perusahaan.

Dijelaskan dalam pengertian antropomorfisme kuda merupakan hewan yang sangat dikenal sehingga garis dan lekuk pada mata, hidung, dan mulutnya, dapat mendeteksi situasi perasaan kuda tersebut apakah marah dengan menguatkan kaki belakang dan berdiri tegak.

Lalu apakah ini juga berkesinambungan situasi perusahaan? Dalam banyak hal dinyatakan iya. Sebut saja perubahan yang awalnya Enzo Ferrari, seorang pebalap di masa mudanya lalu bertransformasi menjadi pebisnis yang melahirkan banyak kendaraan penumpang terbaik hingga sekarang.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com