Minggu, 11 Okt 2020 15:26 WIB

Kapal Kencang Ferrari Dilelang, Laku Rp 176 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Ferrari Arno XI Ferrari Arno XI. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kapal berkecepatan tinggi, Ferrari Arno XI, dilelang dan laku terjual di angka USD 12 juta (Rp 176 miliar). Kendaraan bernilai sejarah tinggi ini didukung mesin berkapasitas 4,5 liter, V12, yang diklaim bisa menghasilkan kecepatan maksimum hingga 242 km/jam atau setara 130 knot.

Secara historis, pabrikan mobil tidak hanya memproduksi kendaraan roda empat saja. Sebelum dikenal sebagai pembuat supercar misalnya, Lamborghini adalah produsen traktor untuk pertanian, pabrikan lain seperti Rolls-Royce turut menyediakan mesin pesawat, sementara Ferrari mengembangkan alat transportasi di atas air, salah satu produknya adalah kapal berkecepatan tinggi, Ferrari Arno XI 1952.

Sedikit cerita, kelahiran Ferrari Arno XI tidak lepas dari jasa seorang pengemudi speedboat, Achille Castoldi. Di era 1950-an, Castoldi menjalin kerja sama dengan Enzo Ferrari untuk mengembangkan sebuah proyek kapal laut berkecepatan tinggi dalam rangka pemecahan rekor.

Ferrari Arno XIFerrari Arno XI Foto: Istimewa

Castoldi awalnya membeli mesin 4,5 liter, V12, Ferrari 375 untuk proyek ini. Setelah bekerja sama dengan pabrikan Italia itu, Enzo menilai mesin ini tidak cukup kuat untuk memecahkan rekor.

Akhirnya mesin tersebut disempurnakan para insinyur Ferrari, sehingga bisa menghasilkan 550-600 dk. Ini adalah tenaga yang sangat besar di tahun 1950-an. Semula mesin V12 Ferrari 375 hanya menghasilkan sekitar 385 daya kuda.

Namun perlu dicatat, bahwa mesin bukanlah satu-satunya fitur mengagumkan di kapal kencang Ferrari itu. Selain mesin yang powerfull, Ferrari Arno XI juga mengandalkan desain aerodinamisnya dan kualitas materialnya.

Ferrari Arno XIFerrari Arno XI Foto: Istimewa

Bagian bodi bawah yang langsung kontak dengan air misalnya, terbuat dari kayu keras dan dicat dengan lapisan veneer. Sementara bagian bodi atas telah dirancang dengan, desain yang terinspirasi dari bentuk ikan hiu.

Untuk menyempurnakan kapal kencang Ferrari, Enzo Ferrari melakukan finishing dengan warna merah tradisional Ferrari, yang langsung dikerjakan pelukis terampil dari departemen Scuderia F1.

Setelah selesai, Ferrari Arno XI dengan mudah menjadi juara dan mencetak rekor baru dengan kecepatan tertinggi 242 km/jam. Castoldi kemudian menjual Ferrari Arno XI untuk mengembangkan speedboat lainnya.

Arno XI kemudian dibeli dan dimiliki oleh Nando dell'Orto. Karena bobotnya yang bertambah, Arno XI harus bersaing di kelas 900 kg dan menjadi juara 2 pada tahun 1965. Setelah itu, Ferrari Arno XI pun dipensiunkan. Dan dalam beberapa tahun terakhir, speedboat ini direstorasi oleh divisi Ferrari Classiche.

Pada 2012, Ferrari Arno XI berhasil dilelang oleh RM Sotheby dengan harga lebih dari USD 1 juta . Saat ini, kapal terkenal tersebut kabarnya sudah dijual oleh duPont Registry dengan harga yang dirahasiakan. Namun penjual tersebut telah mengungkapkan kepada Business Insider bahwa Ferrari Arno XI memiliki harga sebesar USD 12 juta atau senilai Rp 176 miliar.



Simak Video "Ferrari Pastikan 8 Mei Produksi Kembali Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com