Rabu, 23 Sep 2020 16:23 WIB

Perang Promo Biaya Perawatan Mobil Jepang dan China

Luthfi Anshori - detikOto
Perang promo biaya perawatan mobil Jepang dan China DFSK Glory 560 (kiri) dan Mitsubishi Xpander (kanan). Foto: Istimewa
Jakarta -

Perang industri otomotif Jepang dan China tidak hanya soal produk mobil baru. Mereka juga saling bersaing memberikan pelayanan purna jual terbaik untuk merebut hati konsumen Indonesia. Seperti yang dilakukan pabrikan Jepang, Mitsubishi dan pabrikan China, DFSK, keduanya menawarkan program menarik berupa promo biaya perawatan mobil yang terjangkau. Seperti apa detailnya?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia memperkenalkan program 'Xpander Extended SMART Package' untuk model Xpander. Program yang berlaku mulai 14 September 2020 ini ditujukan bagi konsumen Xpander yang memasuki tahun ketiga, juga konsumen dengan unit Xpander yang odometer-nya sudah mencapai 50.000 km.

"Xpander Extended SMART Package merupakan salah satu bentuk komitmen kami sebagai produsen untuk selalu memberi produk dan layanan terbaik pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan. Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan manfaat optimal kepada konsumen dari sisi layanan purna jual dengan alternatif biaya perawatan kendaraan yang lebih efisien," bilang President Director MMKSI Naoya Nakamura, dalam siaran pers-nya.

Untuk informasi, ada 3 tipe paket 'Xpander Extended SMART package' yang dapat dimanfaatkan konsumen, yakni 2 x perawatan berkala (1 tahun/20.000 km), 4 x perawatan berkala (2 tahun/40.000 km), dan 6 x perawatan berkala (3 tahun/60.000 km). Dengan paket perawatan ini, Mitsubishi mengklaim konsumen bisa menghemat biaya perawatan mobil hingga 25%, dibandingkan dengan biaya perawatan normal tanpa paket. Selain itu, setelah membeli paket konsumen juga akan mendapatkan gratis penggantian spare part dan gratis biaya jasa sesuai ketentuan yang berlaku dalam paket servis.

Promo Biaya Perawatan Mobil DFSK

Tidak mau kalah dengan pabrikan Jepang yang lama berkiprah di Indonesia, merek pendatang baru asal China, DFSK, pun menawarkan layanan purna jual dengan biaya perawatan berkala yang relatif kompetitif.

"Layanan purna jual jadi salah satu pertimbangan konsumen di Indonesia sebelum membeli mobil. Mereka memperhitungkan kekompetitifan bengkel resmi untuk kemudahan melakukan servis kendaraan dan biaya yang dikeluarkan untuk servis berkala. DFSK memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen demi pengalaman yang tidak terlupakan," ujar Technical Training & Service Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Sugiartono, dalam keterangan resminya.

DFSK menawarkan biaya perawatan berkala yang diklaim terjangkau untuk model Glory 560, yang memang bersaing dengan Mitsubishi Xpander. Disebutkan, konsumen cukup mengeluarkan biaya servis berkala Rp 5,9 jutaan untuk DFSK Glory 560 1.5 Manual dan Rp 6 jutaan untuk DFSK Glory 560 1.5 CVT, selama 3 tahun/50.000 km (6 kali servis perawatan berkala). Seluruh biaya itu sudah mencakup penggantian komponen yang sudah dijadwalkan, beserta jasa servis berkala.

Biaya servis berkala yang kompetitif ini bisa dinikmati di 90 dealer dan jaringan bengkel resmi DFSK, yang tersebar di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Layanan purna jual DFSK diklaim memakai dukungan peralatan canggih, mekanik terlatih yang bersertifikasi DFSK, hingga suku cadang genuine sesuai standar pabrikan.

Seluruh jaringan bengkel resmi DFSK juga dikatakan sudah menyediakan suku cadang bersifat fast moving seperti kampas rem, busi, oli, dan beberapa suku cadang lainnya untuk DFSK Glory i-Auto. Begitupun untuk suku cadang bersifat slow moving seperti komponen internal mesin dan transmisi, bodi panel dan kaca.

"Bagi DFSK, melayani konsumen di Indonesia tak hanya memberikan mobil yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, namun juga memperhatikan layanan purna jual demi menjaga kualitas kendaraan tetap maksimal. Ini adalah bagian dari motto kami yakni All for Customers, di mana kepuasan pelanggan adalah yang utama bagi DFSK," pungkas Sugiartono.



Simak Video "Mobil China DFSK I-Glory Auto: Harga Manusiawi, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com