Selasa, 01 Sep 2020 12:07 WIB

Toyota Yaris Terbaru Meluncur di Indonesia Pekan Depan, Inikah Tampilannya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
New Yaris di Thailand makin Ciamik Toyota Yaris terbaru yang lebih dulu meluncur di Thailand. Foto: dok. Toyota Thailand
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) memastikan peluncuran hatchback Toyota Yaris terbaru di Indonesia. Pekan depan, Toyota Yaris terbaru itu akan diluncurkan untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan surat undangan yang diterima redaksi detikcom, PT TAM akan melangsungkan peluncuran New Yaris pada Selasa, 8 September 2020 mendatang. Peluncuran dilakukan secara digital di kanal YouTube ToyotaIndonesia mulai pukul 11.00 WIB.

Di akun Instagramnya, Toyota Indonesia juga telah menampilkan gambar teaser Toyota Yaris terbaru. Dari siluetnya, tampaknya Yaris terbaru yang meluncur di Indonesia ini tampaknya berbeda dengan Yaris JDM yang pertama kali diluncurkan pada Tokyo Motor Show tahun lalu.

Berdasarkan siluetnya, Yaris yang akan meluncur itu kemungkinan sama seperti Yaris terbaru yang lebih dulu meluncur di Thailand beberapa pekan lalu.

[Gambas:Instagram]



Sebelumnya, Toyota Thailand telah meluncurkan Toyota Yaris sedan dan hatchback terbaru. Dari segi tampilan, perubahan yang paling besar pada Yaris ini bisa dilihat dari bagian depannya di mana kini terdapat desain grill bawah baru yang mengalir hingga ke grille bagian atas.

New Yaris di Thailand makin CiamikToyota Yaris di Thailand. Foto: dok. Toyota Thailand

Pembaruan lainnya termasuk reflektor lampu depan LED yang sekarang menggabungkan lampu daytime running light (DRL) berbentuk L yang menggantikan garis-garis LED terpisah. Di luar revisi tersebut, bagian eksterior lainnya tidak banyak berubah dari sebelumnya.

Dari segi perlengkapan, ada lampu LED yang dipasang pada Yaris varian Sport dan Sport Premium yang dijual di Thailand. Di negeri itu, Yaris juga memiliki sistem lampu automatic on/off dan follow-me-home. Sementara tipe termurahnya masih menggunakan lampu halogen.

Di bagian interior, Yaris terbaru di Thailand mempertahankan tata letak dasbor yang sama seperti model sebelumnya. Namun, ada trim metalik di bagian tengahnya. Dua varian teratas dibekali dengan fitur yang lebih baik seperti cluster instrumen Optitron, AC otomatis, dan head unit layar sentuh 6,7 inci dengan dukungan Apple CarPlay. Tipe tertingginya lebih keren lagi, ada layar MID 4,2 inci di instrument cluster, enam speaker, keyless entry dann engine start/stop button, port USB di bagian belakang, spion yang bisa dilipat secara elektrik, hingga lapisan interior kulit.

Di balik kapnya, Yaris didukung oleh mesin 3NR-FKE 1.2 liter empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 92 PS dan torsi 109 Nm, dengan transmisi Super CVT-i yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Konsumsi bahan bakar mencapai 23,3 km/liter.

Di Thailand, Toyota Yaris mendapatkan fitur canggih Toyota Safety Sense. Di dalamnya terdapat Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA). Belum diketahui apakah Yaris di Indonesia bakal dilengkapi fitur serupa atau tidak.

Fitur keselamatan lainnya, ada tujuh airbag (depan, samping, tirai dan lutut pengemudi), Vehicle Stability Control (VSC), traction control, Hill-start Assist Control (HAC), ABS, EBD, brake assist, kamera parkir belakang (tidak ada di tipe Entry) dan pengingat penggunaan seatbelt di semua kursi.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com