Selasa, 01 Sep 2020 08:32 WIB

Kini Nikahan Bisa Pinjam Mobil Pejabat, Gratis!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa) Foto: Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)
Jakarta -

Acara pernikahan menjadi momen yang bisa dikenang sepanjang masa. Untuk menambah kesan manis saat pernikahan, tak jarang pengantin menyewa mobil-mobil mewah nan keren di hari bahagianya itu.

Tapi, menyewa mobil keren tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Kini, beberapa pejabat di Indonesia menawarkan mobil dinasnya untuk bisa dipakai sebagai mobil pengantin di hari pernikahan. Dan penggunaan mobil dinas pejabat untuk mobil pengantin itu gratis.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, di akun Instagramnya mengunggah mobil dinasnya yang dipakai untuk mobil pengantin. Mobil dinas Wakil Wali Kota Bekasi itu bisa digunakan untuk antar-jemput warga yang melakukan prosesi akad nikah.

"Buat kamu yang dalam waktu dekat akan melakukan pernikahan, mobil dinas saya siap melengkapi kebahagiaan kamu. Tentunya di hari Sabtu dan Minggu," tulis Tri dalam unggahan di Instagramnya.

[Gambas:Instagram]



Untuk warga Kota Bekasi yang berniat meminjam mobil dinas Wakil Wali Kota Bekasi, silakan mengunjungi alamat https://bit.ly/AntarJemputManten⁣. Di laman Google Docs itu, Anda bisa mengisi data berupa nama kedua mempelai, nama penanggung jawab, nomor ponsel aktif, hari dan tanggal acara, alamat lengkap penjemputan, alamat lengkap tujuan dan mengunggah undangan digital.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan juga menawarkan mobil dinas kepada warganya yang ingin melangsungkan pernikahan. Bukan cuma satu, bahkan Hengky menawarkan tiga mobil untuk dipinjamkan sebagai mobil pengantin. Ada mobil Toyota Fortuner, Honda CR-V hingga Toyota Camry. Hengky pun menawarkan waktu peminjaman boleh hari apa saja, tak terbatas cuma saat akhir pekan.

[Gambas:Instagram]



"Mobil Dinas Wabup kembali siap menjemput pasangan pengantin di Bandung Barat. Bukan hanya hari minggu saja tapi hari - hari biasa lainya juga bisa. Ini syaratnya▶️ (KHUSUS WARGA KBB/Kabupaten Bandung Barat-RED) Kalo masih banyak yang tanya kapan Nkah ?? Jawab, InshaaAllah besok nikah. Saksi nikah dan Mobil pengantinya udah siap👍🏻 ➡️➡️➡️ " Untuk warga bandung barat, mobil dinas Wabub siap antar jemput pengantin GRATIS + SOPIR. Kirim undangan dan pengajuan antar jemput melalui WA No 08111401666 ( bagi yang daftar lebih awal / duluan kita prioritaskan," tulis Hengky di akun instagramnya belum lama ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga memperbolehkan warganya meminjam mobil dinas Toyota Camry miliknya untuk pernikahan secara gratis lengkap dengan sopir dan bensin. Dikatakan masyarakat Semarang cukup memenuhi persyaratan untuk bisa meminjam mobil dinas Hendrar.

Menurut Hendrar atau Hendi, syaratnya cukup mudah yaitu cukup memiliki KTP Semarang dan lokasi pernikahannya di Kota Semarang. "Persyaratannya cuma KTP Semarang dan lokasinya di Semarang," tegas Hendi, Kamis (6/8/2020) lalu.

[Gambas:Instagram]



"Bensin, sopir, semua gratis," tambah Hendi.

Dijelaskan untuk bisa melakukan peminjaman mobil dinas Wali Kota Semarang ini caranya yaitu ajukan surat permohonan kepada Wali Kota Semarang dan diserahkan ke Kantor Wali Kota Semarang. Mobil bisa dipakai hari Sabtu dan Minggu di waktu siang dan malam.

Mobil yang bisa dipinjam tersebut adalah Toyota Camry tahun 2017 lengkap dengan plat H 1 A.

Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa) Foto: Mobil dinas Walkot Bengkulu untuk acara pernikahan warga (dok. Istimewa)

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan pun memberlakukan hal yang sama. Mobil dinas Wali Kota Bengkulu bisa dipakai untuk pernikahan warga. Program bernama HD (Harapan dan Doa) ini telah dimulai sejak April 2019. Warga kurang mampu yang hendak menikah diberi fasilitas peminjaman mobil dinas Wali Kota secara gratis untuk mengantarkan calon mempelai ke lokasi pernikahan.

Mobil dinas Wali Kota Bengkulu yang bisa digunakan warga adalah Toyota Alphard. Mobil itu tetap menggunakan pelat merah BD-1-A. Selain itu, ada mobil dinas BD-2-A berjenis Toyota Fortuner yang bisa digunakan warga.

Dia mengatakan warga yang hendak menggunakan mobil dinasnya haruslah yang sudah cukup usia untuk menikah. Peminjaman bisa dilakukan dengan menghubungi nomor yang tertera di situs resmi Pemko Bengkulu.

"Tidak ada syarat khusus cukup dia warga Kota Bengkulu yang telah cukup usianya untuk menikah," kata Helmi.



Simak Video "KPK soal Mobil Dinas Pimpinan: Tunjangan Transportasi Akan Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com