Senin, 29 Jun 2020 13:55 WIB

Penampakan Bus Listrik Masa Depan: Keren, Minimalis, dan...Ikut Physical Distancing

Doni Wahyudi - detikOto
Bus Listrik Arrival Bus listrik bikinan perusahaan rintisan asal Inggris, Arrival (Arrival.com)
Jakarta -

Sebuah perusahaan rintisan asal Inggris, Arrival, memperkenalkan bus konsep anyar. Ditenagai listrik, bus ini berkonsep minimalis yang keren sekaligus menerapkan physical distancing.

Jumlah pengguna bus umum di banyak negara dilaporkan mengalami penurunan setelah pandemi virus corona datang. Namun kini muncul solusi atas kekhawatiran tertular corona saat naik transportasi publik.

Nah, belum lama ini Arrival meluncurkan produk mereka yakni bus listrik yang tetap memerhatikan kewajiban menjaga jarak antara para penumpangnya. Physical distancing bisa diterapkan di dalam bus ini karena kursi penumpang bisa diubah susunannya sesuai kebutuhan.

Bus Listrik ArrivalBus Listrik Arrival Foto: Arrival.com


Bukan cuma digeser-geser, kursi penumpang juga bisa 'disimpan' sehingga membuat kabin bus menjadi lebih lega, yang membuat jarak antar satu penumpang dengan penumpang lain berjauhan.

Yang mungkin lebih menarik, bus ini dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan bus-bus berbahan bakar bensin. Ini bakal sangat menguntungkan perusahaan bus, lantaran mereka juga bisa berhemat lantaran tak harus membeli BBM.

Arrival bukan cuma memproduksi bus. Malahan, bus listrik yang mereka produksi ini merupakan bagian dari ekosistem transportasi yang tengah mereka kembangkan. Dikutip dari situs resminya, Arrival juga tengah membuat taksi listrik, mobil listrik, dan robot pengantar. Semua diproduksi dengan konsep zero-emission.

Bus Listrik ArrivalBus Listrik Arrival Foto: Arrival.com



Dikutip dari Businessinsider, konsep mobil listrik milik Arrival serta integrasinya dengan taksi dan mobil listrik telah menarik minat perusahaan otomotif besar. Hyundai dan KIA sudah melakukan investasi ke perusahaan tersebut sebesar 100 juta euro, atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Arrival saat ini bermarkas di London, Inggris. Namun mereka sudah memiliki kantor di lima negara lain. Meski masih berstatus perusahaan rintisan, Arrival merupakan salah satu unicorn terbesar di Inggris. Mereka malah sudah menerima pesanan 10.000 unit van dari UPS.



Simak Video "Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Selama 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com