Kamis, 14 Mei 2020 20:38 WIB

Mobil Pertama yang Lahir saat Dapur Ferrari Kembali Ngebul

Ridwan Arifin - detikOto
pabrik ferrari Pabrik Ferrari kembali beroperasi Foto: 20detik
Jakarta -

Produsen supercar Italia, Ferrari, kembali membuka jalur produksi sejak 8 Mei 2020. Merek berlambang kuda jingkrak ini sebelumnya meliburkan produksi mobil pada 15 Maret seiring meluasnya wabah virus corona di negara itu.

Sejak kasus Corona menurun, Italia mulai melonggarkan lockdown. Sekarang warga setempat bisa kembali bekerja dan bertemu anggota keluarga.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, sejak minggu lalu pabrik Ferrari di Maranello dan Modena secara bertahap akan beroperasi penuh. Sejalan dengan program mereka yang bertajuk "Back on Track". Kira-kira mobil apa yang selesai diproduksi Ferrari usai tutup selama 7 minggu kemarin?

Mobil-mobil pertama yang lahir pun ialah model yang sebelumnya nyaris selesai dalam hitungan jam.

Mobil pertama yang diselesaikan adalah Ferrari Monza SP2 dengan corak hitam dan abu-abu. Seperti diketahui, Ferrari Monza SP2 merupakan edisi khusus yang mengingatkan kita pada mobil-mobil balap Ferrari buatan tahun 1950-an.

Monza SP2 selesai diproduksiMonza SP2 selesai diproduksi Foto: dok. Ferrari

Lanjut, produksi mobil cantik yang diselesaikan Ferrari ialah 812GTS, Ferrari 812GTS menandakan kembalinya kejayaan sebuah model yang telah memainkan peran penting dalam sejarah Ferrari. Dimulai pada 1948 melalui 166 MM, sebuah model GT sejati yang memenangkan dua balapan ketahanan paling bergengsi di dunia pada tahun 1949: Mille Miglia dan 24 Hours of Le Mans.

Model F8 Tributo jadi mobil Ferrari yang bakal selesai diproduksi usai lockdown dilonggarkan. Yap, supercar ini memiliki konfigurasi mesin tengah atau mid engine, setelah sebelumnya hadir di model 488 dan La Ferrari.

Ferrari F8 TributoFerrari F8 Tributo Foto: dok. Ferrari

Mobil Ferrari F8 Tributo menggendong mesin V8 turbo yang diklaim paling kuat di kelasnya. Melihat bagian luar kita akan melihat desain mobil yang mirip dengan 488 GTB namun dengan lampu depan yang lebih tajam.

Menjamin kesehatan dan keamanan pekerja

Program "Back on Track" yang dilakukan Ferrari ini juga disebut sebagai cara untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi pekerja saat pabrik beroperasi kembali.

Mengutip Paultan, Kamis (14/5/2020) Ferrari tetap mengawasi aktivitas pekerja dengan protokol kesehatan. Seperti screening awal sebelum masuk pabrik, penggunaan Alat Pelindung Diri, dan sejauh ini melakukan test COVID-19 kepada 4.000 karyawan serta keluarganya.



Simak Video "Kesal Diminta Putar Arah, Mobil Ferrari 'Geber' Petugas di Pos Penyekatan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com