Rabu, 01 Apr 2020 16:06 WIB

Intip Dapur Lamborghini yang Kini Produksi Masker

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrik Lamborghini Produksi Masker Pabrik Lamborghini Produksi Masker. Foto: Dok. Lamborghini
Bologna -

Pabrik Lamborghini untuk sementara tidak memproduksi mobil sport. Di tengah pandemi virus corona, pabrik mobil Lamborghini di Sant'Agata Bolognese dikonversi menjadi pabrik masker.

Karyawan pabrik Lamborghini yang biasanya menangani produksi mobil kini membuat masker bedah dan pelindung kaca. Masker itu akan disumbangkan ke Rumah Sakit Sant'Orsola-Malpighi di Bologna untuk digunakan dalam 'perang' melawan pandemi COVID-19.

"Selama keadaan darurat ini, kami merasa perlu untuk memberikan kontribusi nyata. Rumah Sakit S. Orsola-Malpighi adalah lembaga yang dengannya kami telah menjalin hubungan kolaboratif selama bertahun-tahun, melalui konsultasi profesional dalam mempromosikan program-program untuk melindungi kesehatan pekerja kami, dan dalam proyek-proyek penelitian. Kami akan memenangkan pertempuran ini bersama, mendukung mereka yang berada di garis depan memerangi pandemi ini setiap hari," kata Chairman dan CEO Automobili Lamborghini, Stefano Domenicali.

Pabrik Lamborghini produksi masker dan pelindung wajah. Pabrik Lamborghini produksi masker dan pelindung wajah. Foto: Dok. Lamborghini

Masker itu diproduksi oleh karyawan yang biasanya menangani interior dan kustomisasi khusus mobil Lamborghini. Sehari, mereka bisa menghasilkan 1.000 masker bedah, sementara pelindung kaca dihasilkan sebanyak 200 buah sehari yang dibuat menggunakan printer 3D dalam pabrik produksi serat karbon dan departemen R&D.

Dalam memproduksi masker, Lamborghini tak sendirian. Merek mobil sport asal Italia itu bekerja sama dengan Universitas Bologna. Departemen Ilmu Kedokteran dan Bedah mengawasi pengujian validasi perangkat medis yang dibuat oleh Lamborghini, sebelum dikirim ke rumah sakit.



Simak Video "Seberapa Efektif Penggunaan Masker Kain untuk Tangkal Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com