Rabu, 11 Mar 2020 16:32 WIB

Wuhan Diisolasi, Nasib Pasokan Komponen Mobil Cina di Indonesia Dipertanyakan

Rizki Pratama - detikOto
DFSK Glory i-Auto Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Demi mengurangi penyebaran wabah Corona, kota Wuhan di China harus diisolasi. Berbagai aktivitas pun dihentikan termasuk kegiatan industri otomotif.

Kendati begitu, jaringan merek China di Indonesia seperti DFSK sejauh ini belum merasakan ada dampak berarti akibat Corona di Wuhan. Sejauh ini pabrik DFSK yang terletak di Cikande, Serang masih melakukan kegiatan produksi sesuai jadwal dan targetnya.

"Kalau DFSK punya pabrik di sini jadi semua masih sesuai jadwal. Jadi tidak ada kendala pasti karena urusan virus itu, jadi semua produksi masih sesuai jadwal," kata PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane D.B., saat ditemui di DFSK Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020).

Begitu juga soal pasokan komponennya, DFSK China masih melakukan kiriman ke Indonesia. Kebetulan pabrik DFSK di China berada jauh dari Wuhan, tepatnya di Chongqing.

"Ada beberapa suplay komponen dari pabrik kita di Chongqing bukan di Wuhan, itu juga masih sesuai jadwal. Jaraknya cukup jauh," ungkap perempuan yang akrab disapa Ane ini.

Sementara itu aktivitas penjualan juga belum berpengaruh sama sekali. Kendati ada penurunan pun juga diyakini bukan karena Corona.

"Sebetulnya sejak 3 bulan lalu penjualan sudah turun hampir 10 persen kan. Tapi itu bukan karena corona, lebih kepada aktivitas ekonomi di dunia yang memang lesu," terang CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus, di Jakarta, belum lama ini.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com