Rabu, 05 Feb 2020 19:13 WIB

Toyota Happy Masyarakat Mulai Kenal Mobil Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Toyota All New Corolla Altis Hybrid Mobil listrik kian dikenal dan digemari masyarakat Indonesia (Pool: Toyota)
Jakarta -

Pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Masyarakat pun makin kenal mobil listrik.

Ditambah dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas KBL Berbasis Baterai. Pergub itu diundangkan pada 15 Januari 2020 dan berlaku hingga 31 Desember 2024. Tampaknya membuat masyarakat semakin sadar akan keberadaaan kendaraan listrik.

Hal ini yang dirasakan PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku main diler Toyota di Indonesia. Toyota sangat senang, masyarakat sudah mulai mengenal mobil listrik.

"Ada kesempatan menarik, masyarakat kini sudah lebih baik menerima keberadaan mobil-mobil elektrik, walaupun belum besar yang penting masyarakat mulai menerima, dan mulai teredukasi. Ini menjadi kesempatan baru di industri otomotif," ujar General Manager Marketing Planning Division PT TAM, Mohammad Farauk kepada detikcom.

Mobil hybrid ToyotaMobil hybrid Toyota Foto: M Luthfi Andika

Farauk menjelaskan sebagai langkah awal untuk mobil efisien harus dibangun dari pengetahuan akan keunggulan mobil listrik. Sehingga besar kemungkinan untuk para produsen mobil bisa memperkenalkan mobil listrik dan memproduksinya di Indonesia.

"Yang penting sih pemahaman atau penerimaan pasar tentang mobil elektrik ini mulai berkembang dan diterima dengan baik, dan tentu kalau ada kebutuhan seluruh maker (produsen mobil) dan stoke holder akan bergerak ke situ (mobil ramah lingkungan)," kata Farauk.

"Karena sebenarnya Toyota selalu mencoba memenuhi kebutuhan pasar, kalau pasar ke depan membutuhkan elektrik yang lebih banyak, maka kita akan mempersiapkan line up listrik yang banyak," tambah Farauk.



Simak Video "Ultra Compact BEV, Mobil Listrik Imut dengan 2 Penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com