Selasa, 28 Jan 2020 13:53 WIB

Kalah dari Avanza, Begini Nasib Xpander di Pasar Mobil Bekas

Ridwan Arifin - detikOto
Tim detikcom melanjutkan perjalanan Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa pada hari kedua, Kamis (23/5/2019). Pada hari kedua ini tim Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa menempuh perjalanan sejauh 427,2 dari Semarang hingga ke Malang. Grandyos Zafna/detikcom Mitsubishi Xpander. Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah
Jakarta -

Penjualan mobil di Indonesia pada 2019 mencapai lebih dari 1 juta unit. Avanza dan Xpander masuk ke dalam daftar tiga mobil terlaris.

Nasib dua pesaing, Xpander dan Avanza di pasar mobil bekas juga tidak jauh berbeda. Menurut Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC, Herjanto Kosasih mobil bekas Xpander menjadi barang yang paling diburu saat ini.

"Bagus, nomor satu yang sekarang ini Xpander. Banyak orang yang nyari (mobil bekas Xpander)," kata Herjanto saat dihubungi detikcom, Senin (27/1/2020).

"Perputaran barang-nya juga cepat, satu sampai dua minggu paling telat," tambah Herjanto.

Mengenai harga jual kembali, Herjanto menjelaskan Xpander tidak mengalami nilai depresiasi yang berlebihan atau turun drastis.

"Contohnya varian ultimate, waktu beli sekitar Rp 250 juta, dijual 2 tahub lagi masih Rp 230 juta," ungkap Herjanto.

Kendati demikian, Herjanto tidak menampik jika Avanza juga masih menjadi barang yang mudah didapatkan, pun dengan konsumen yang mencarinya.

"Avanza sudah (mulai tergoyang pamor di mobil bekas) dari tahun lalu, cuma karena populasinya banyak, jadi dia masih tinggi juga," ungkap Herjanto.

Mengutip data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Toyota Avanza masih menjadi raja penjualan mobil baru di tahun 2019. Total sebanyak 86.374 unit Avanza terjual tahun lalu.

Kemudian, kolaborasi Honda Brio RS dan Honda Brio Satya mengisi posisi kedua penjualan mobil terlaris Indonesia. Di bawah Avanza, Honda Brio RS dan Brio Satya terjual sebanyak 70.344 unit.

Sementara pesaing terdekat Avanza, yakni Mitsubishi Xpander harus mengisi posisi tiga. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) pada 2019 terjual sebanyak 62.666 unit.



Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com